TribunManado/

Pala Sulut Tembus Pasar Italia

Komoditas biji pala asal Sulawesi Utara (Sulut) menembus pasar Italia. Hal ini menunjukkan kualitas dari hasil bumi tersebut tak diragukan lagi.

Pala Sulut Tembus Pasar Italia
net
ilustrasi pala 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Komoditas biji pala asal Sulawesi Utara (Sulut) menembus pasar Italia. Hal ini menunjukkan kualitas dari hasil bumi tersebut tak diragukan lagi.

"Saat ini untuk biji pala memang pasarnya cukup luas, keberbagai negara, termasuk Italia," ujar Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Darwin Muksin, Senin (31/7/2017).

Terbukanya pasar Italia terhadap biji pala dari Sulut terlihat dari permintaan yang terus meningkat. Dia mencontohkan belum lama ini ada ekspor biji pala ke negara tersebut dengan sebanyak 12,95 ton dengan nilai 90.650 dolar Amerika Serikat (AS),

Kualitas biji pala yang diekspor ke Italia selalu dengan kualitas baik, sehingga harga yang ditawarkan cukup tinggi. "Kualitas pala yang baik berasal dari Kabupaten Sitaro," ungkapnya.

 Sedangkan untuk melakukan ekspor ada banyak tahapan harus dilalui, karena pasar Eropa sangat ketat dalam pemeriksaan kualitas komoditas yang masuk ke benua tersebut, oleh karena itu perlu bermitra dengan pelaku usaha di negara tujuan. "Selain ke Italia biji pala juga di ekspor ke berbagai negara di benua Amerika dan Asia," katanya.

Untuk itu, Disperindag Sulut terus memfasilitasi para eksportir dengan memberikan kemudahan dalam pengurusan berkas serta mencari pasar baru di berbagai negara yang potensial. 

Penulis: Herviansyah
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help