TribunManado/

Ratusan Rumah Mati Listrik Gara-Gara Tupai

Ratusan rumah di Kampung Cipayung, Jalan Haji Japat, Sukmajaya, Depok, sempat mengalami mati listrik sekitar satu jam lebih,

Ratusan Rumah Mati Listrik Gara-Gara Tupai
Warta kota
Seekor tupai yang bikin listrik padam di Depok. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, DEPOK - Ratusan rumah di Kampung Cipayung, Jalan Haji Japat, Sukmajaya, Depok, sempat mengalami mati listrik sekitar satu jam lebih, Minggu (30/7/2017) pagi.

Setelah ditelusuri, petugas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Kota Depok, yang turun ke lapangan menemukan, bahwa penyebab matinya listrik adalah gangguan hewan berupa seekor tupai yang menempel di kabel jaringan listrik.

"Pagi ini listrik di daerah Kampung Cipayung, Jalan Haji Sukmajaya padam, disebabkan gangguan hewan berupa tupai," kata Kepala Humas PT PLN Depok Setyo Budiono, Minggu (30/7/2017).

Menurutnya tupai yang menempel di kabel jaringan listrik di Haji Japat, mengakibatkan terjadi trip atau putusnya aliran listrik di wilayah itu beberapa saat.

Dan tadi sudah diatasi petugas. Aliran listrik di sana sudah normal kembali setelah tupai kami singkirkan," katanya.

Budiono mengatakan gangguan listrik karena hewan di beberapa wilayah di Depok, memang cukup sering terjadi.

Hal itu dikarenakan banyaknya pohon atau ranting atau bahkan tiang yang menjuntai, di dekat kabel jaringan listrik di wilayah itu.

Sehingga hewan seperti bajing, tupai atau bunglon, bisa mendekat ke kabel jaringan dan menyebabkan aliran listrik padam.

Menurutnya jika hewan seperti bajing pohon, bunglon, atau tupai serta hewan lain melintas di kabel jaringan PLN dan hanya bertumpu atau memegang atau berjalan di satu kabel atau fasa, masalah tidak akan terjadi.

 
Gangguan, katanya akan terjadi jika hewan memegang atau bertumpu di 2 kabel atau 2 fasa atau malah ketiga fasa secara bersamaan.

Juga jika satu bagian hewan memegang atau bertumpu di kabel, sementara bagian lain menyentuh besi tiang atau traves atau pohon.

Dengan begitu maka otomatis akan terjadi padam atau bahasa teknik listriknya adalah trip.

 

Sebelumnya gangguan listrik karena bajing terjadi di wilayah Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Minggu (16/7/2017) pagi.

Hal serupa juga pernah terjadi beberapa kali di Cibinong, Kabupaten Bogor, yang merupakan wilayah layanan PT PLN area Depok, Jumat (14/7/2017) pagi.

Lalu pada awal Januari 2017 lalu, padamnya aliran listrik karena hewan yakni bunglon, yang menempel di kabel jaringan listrik juga terjadi beberapa kali di wilayah Pengasinan, Depok.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help