Menghadapi Kenyataan Orangtua Selingkuh

Perasaan marah dan kecewa tentu mendominasi ketika mendapati kenyataan orangtua yang sudah menikah puluhan tahun ternyata hubungannya retak.

Menghadapi Kenyataan Orangtua Selingkuh
(Thinkstockphotos)
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perasaan marah dan kecewa tentu mendominasi ketika mendapati kenyataan orangtua yang sudah menikah puluhan tahun ternyata hubungannya retak karena perselingkuhan.

Psikolog Klinis dari klinik Lighthouse, Tara de Thouars, BA, M.Psi memberikan saran agar Anda tidak merasa terpuruk ketika mengetahui salah satu orangtua terbukti selingkuh.

Ungkapkan perasaan

Hal yang paling pertama Anda lakukan adalah mencari teman terdekat untuk bercerita. Walau sebagian menilai perselingkuhan adalah aib keluarga, tetapi bercerita pada sahabat cukup efektif meredakan emosi.

Menurut Tara, memendam masalah dalam hati bisa berubah seperti bom waktu yang bisa meledak sewaktu-waktu dan malah semakin memperkeruh suasana.

Jangan mudah membuat kesimpulan sendiri

Ada beragam alasan mengapa pasangan yang sudah puluhan tahun menikah melakukan perselingkuhan. Sebagai seorang anak, Anda sebaiknya jangan cepat menyimpulkan sesuatu yang faktanya hanya diketahui di permukaan. Berusahalah bersikap tenang.

"Biarkan permasalahan hubungan orangtua ini menjadi tanggung jawab mereka. Berikan kedua orangtua ruang untuk bisa menyelesaikan masalah ini," kata Tara saat ditemui di acara Flutter Asia di Jakarta.

Tujuannya, agar Anda tidak terlibat terlalu dalam di sebuah permasalahan yang belum diketahui dengan jelas kebenarannya.

Ingatlah kenangan indah

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved