TribunManado/

Duh! Modem dan Kamera Dibawa Maling, Disdukpencapil Bolmong tak Layani Perekaman KTP

"Ternyata tak ada perekaman hari ini," ujar wanita yang tinggal di Maelang, Sang Tombolang ini.

Duh! Modem dan Kamera Dibawa Maling, Disdukpencapil Bolmong tak Layani Perekaman KTP
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Fani Pontoh terpaksa harus pulang dengan tangan kosong. Ia yang hendak merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bolaang Mongondow harus kecewa karena tak melayani perekaman, Kamis (27/7).

"Ternyata tak ada perekaman hari ini," ujar wanita yang tinggal di Maelang, Sang Tombolang ini. Fani tampak kecewa, karena sudah jauh-jauh datang ke kantor Disdukpencapil di Lolak.

Keterangan yang Fani dapat, untuk sementara waktu Disdukpencapil Bolmong belum melayani perekaman KTP-El. Ia pun tak mendapat kapas kepastian bisa merekam. "Katanya bisa di kecamatan. Saya akan langsung ke kecamatan saja," ucapnya.

Beberapa hari belakangan ini, warga yang ingin merekam KTP-El tak mendapat pelayanan. Disdukpencapil Bolmong sementara menutup pelayanan. Sebab maling berhasil membobol kantor ini dan mengambil kamera dan modem.

"Jadi kami kecurian pada Minggu (24/7) malam. Kamera dan modem yang hilang dipakai untuk merekam. Jadi sementara di kantor belum bisa merekam," ujar Kepala Dinas Disdukpencapil, Iswan Gonibala, Kamis (27/7).

Warga yang belum merekam bisa langsung ke kecamatan masing-masing. Di situ membuka pelayanan perekaman KTP-El. Iswan pun bersyukur maling tai mengambil peralatan yang menyimpan semua data kependudukan.

"Saya telah lapor ke pak sekda untuk pengadaan kembali alat perekaman ini. Dalam waktu dekat sudah bisa melayani lagi. Yah untung hanya kamera dan modem," ujarnya.

Kantor ini memang tak memiliki penjaga kantor. Meski semua ruangan tertutup dengan kunci. Namun ke depan Iswan berencana menempatkan penjaga kantor.

Disdukpencapil telah melaporkan kasus ini ke Polsek Lolak. Polisi pun tengah melakukan penyelidikan terkait kasus ini. "Kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Hingga kini kami masih mengembangkan kasus ini," ujar Kapolsek Lolak, AKP Suharno. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help