Program 'BI Jangkau' Permudah Masyarakat Menukarkan Uang

Bank Indonesia mempermudah masyarakat yang ingin menukarkan uang melalui program BI Jangkau.

Program 'BI Jangkau' Permudah Masyarakat Menukarkan Uang
HERVIANSYAH
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara (Sulut), Soekowardojo 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Bank Indonesia mempermudah masyarakat yang ingin menukarkan uang melalui program BI Jangkau. Dengan demikian warga yang berada di daerah bisa memiliki kualitas uamg kartal yang semakin baik.

"Kami meluncurkan program BI Jangkau untuk meningkatkan kualitas uang kartal hingga di daerah, bahkan sampai kecamatan dan desa yang belum terjangkau perbankan," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara (Sulut), Soekowardojo seusai Penandatangan Pelaksanaan Pilot Project Layanan Kas Menjangkau Kecamatan/Desa (BI Jangkau) antara BI dan Bank SulutGo, di Kantor BI, Senin (24/7/2017).

Dengan program tersebut diharapkan kebutuhan uang di masyarakat di daerah yang jauh dari jangkauan Bank Indonesia. Sehingga uang yang beredar di daerah tersebut semakin baik, karena masyarakat bisa menukarkannya ke bank yang telah bekerjasama, di Sulut adalah Bank SulutGo yang memiliki cabang hingga ke pelosok.

Sulut merupakan satu di antara tujuh provinsi yang menjadi pilot project program ini di Indonesia. Oleh karena itu nantinya bisa berjalan sesuai harapan.

Selain itu, manfaat dari program BI Jangkau adalah mengenalkan perbankan kepada masyarakat tersebut, sehingga akan semakin familiar. "Jika sebelumnya belum pernah menabung, menjadi nasabah di bank," ungkapnya.

Direktur Utama Bank SulutGo, Jeffry Dendeng mengungkapkan Menyambut gembira kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya, karena menjadi satu di antara perbankan yang bekerjasama dalam program BI Jangkau.

Untuk itu nantinya akan di data kantor kas mana yang akan masuk dalam program BI Jangkau. "Dengan demikian masyarakat pedesaan akan terbantu dalam mendapatkan uang yang layak edar,"ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kas titipan BI di Tahuna Bank Indonesia dengan Bank Mandiri Cabang Tahuna. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved