Minahasa Berlakukan Aturan Anak Daftar SD Harus Usia Tujuh Tahun

Jika siswa dipaksakan masuk saat usia belum genap enam tahun, ada sanksi yang akan diterima baik oleh sekolah dan siswa.

Minahasa Berlakukan Aturan Anak Daftar SD Harus Usia Tujuh Tahun
net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Jelang masuk sekolah, ternyata ada aturan yang dikeluarkan untuk siswa sekolah dasar yaitu saat ini tidak bisa diterima jika usianya belum genap 7 tahun ataupun 6 tahun dengan pengecualian.

Aturan tersebut sudah diberlakukan di Minahasa juga. Menurut penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Arody Tangkere, bahwa itu semua diatur dalam Permendikbud nomor 17 tahun 2017.

Dalam aturan tersebut menurutnya siswa baru SD harus berusia genap 7 tahun, ada pengecualian jika anak sudah berusia 6 tahun terhitung pada 1 Juli 2017.

"Itupun harus ada rekomendasi dari psikolog atau dewan sajikan, mungkin itu untuk siswa yang memiliki kemampuan khusus, pintar," jelas Tangkere.

Jika siswa dipaksakan masuk saat usia belum genap enam tahun, ada sanksi yang akan diterima baik oleh sekolah dan siswa.

"Datanya nanti tidak akan terbaca di Dapodik yang sekarang sudah sistem online, dan tidak mungkin kan kita memanipulasi data," ujarnya.

Serta, saat kelas enam nanti jika datanya dipaksakan masuk, siswa tersebut tidak akan mendapatkan kartu ujian karena tidak tercatat sebagai siswa.

"Kalau dipaksakan nanti tidak akan tercatat sebagai siswa di Dapodik kalau belum cukup umur, sepertinya itu sudah tersistem," jelasnya.

Selain itu, dikhawatirkan nanti siswa yang dibawa umur akan terbeban dengan mata pelajaran yang belum seharusnya dikonsumsi oleh otaknya.

"Kalau bisa tambah lagi saja setahun di TK, sebab dari TK kan nanti hanya akan mendapatkan surat keterangan, sehingga tidak masalah," jelas dia.

Ia menambahkan, tidak bisa berbuat lebih lantaran semuanya sudah tersistem dari pusat. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved