TribunManado/
Home »

Video

Tribun Manado TV

(VIDEO) Belum Terima Bantuan Banjir, Warga Tikala Kumaraka: Kami Hanya Didata Terus

Keluhan akan bantuan banjir bandang tahun 2014 kembali diungkapkan warga. Kali ini warga di Tikala Kumaraka, Kecamatan Wenang kota Manado.

Laporan wartawan Tribun Manado Sitty Nurjanah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Keluhan akan bantuan banjir bandang tahun 2014 kembali diungkapkan warga. Kali ini warga di Tikala Kumaraka, Kecamatan Wenang kota Manado.

Warga di Lingkungan III, Kelurahan Tikala Kumaraka, mengeluh dengan bantuan dari pusat yang sampai saat ini belum mereka terima.

Rita Seidy Karouw, warga Lingkungan III mengatakan, sudah seringkali kedatangan orang atas nama pemerintah mendata korban banjir untuk mendapatkan bantuan. Namun, hingga saat ini bantuan tersebut belum ia terima.

"Malah yang tak sesuai kriteria penerima dana bantuan sudah menerima. Tapi kami masuk kriteria yang katanya akan dapat bantuan, tapi sampai sekarang belum ada," kata Seidy, Senin (17/7).

Ibu rumah tangga itu mengatakan, ada sebagian warga yang sudah menerima namun, bukan warga yang memiliki sertifikat kepemilikan rumah. Sedangkan, yang memiliki sertifikat keoemilikan seperti dirinya hingga saat ini ia belum menerima bantuan tersebut.

Hal senada diungkapkan oleh Wellem Ferry Pesik, mantan kepala lingkungan tiga tahun 2014 itu mengatakan, masih banyak warga yang belum menerima ganti rugi dari pemerintah melalui dana bantuan dari BNPB. Padahal di kelurahan lain sudah menerima hingga tahap tiga.

"Pada pasca banjir itu saya yang mengawal mendata warga yang akan mendapatkan bantuan sejumlah 72 rumah dan 1 sekolah. Namun, yang menerima hanya 6 warga itupun tak memenuhi syarat meneri bantuan," kata Ferry sapaannya.

Ia mengatakan, setelah saya diganti oleh kepala lingkungan baru, data yang seharusnya mendapatkan bantuan tersebut tidak menerima bantuan hingga saat ini. Namun, yang tidak masuk data penerimaan sudah cair dana bantuannya.

Ronny Nangoi, warga lainnya mengatakan, ia dan warga lainnya hanya ingin meminta kejelasan dan keterbukaan dari pemerintah terkait. Jangan sampai terdapat oknum‑oknum yang tak bertanggungjawab memanfaatkannya.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help