TribunManado/

Sorot Proses Perekrutan Guru Kontrak, Anggota DPRD Bolmong Ini Sebut Perekrutan tak Transparan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolaang Mongondow menyorot perekrutan guru kontrak tahun 2017 oleh Dinas Pendidikan Bolaang Mongondow.

Sorot Proses Perekrutan Guru Kontrak, Anggota DPRD Bolmong Ini Sebut Perekrutan tak Transparan
IST
Ilustrasi guru 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bolaang Mongondow menyorot perekrutan guru kontrak tahun 2017 oleh Dinas Pendidikan Bolaang Mongondow.

Ketua Komisi III, Masri Daeng Masenge menduga ada permainan dan pungli dalam proses perekrutan. Apalagi ada kabar beredar pengumuman kelulusan hanya lewat pesan singkat, tidak transparan.

Masri juga mendapat informasi, untuk mengajukan permohonan harus ada imbalan uang ke Dinas Pendidikan agar pemohon menjadi guru kontrak. "Kalau seperti ini jelas ada indikasi pungli dari Dinas Pendidikan," ujarnya.

Pihaknya juga sudah pernah meminta nama-nama guru kontrak yang lulus. Namun hingga kini belum juga diberikan oleh Dinas Pendidikan. Padahal anggaran tahun ini ada Rp 1,2 miliar untuk perekrutan guru kontrak.

"Prosesnya tak transparan dan menyalahi prosedur. Daftar nama yang saya minta belum ada hingga kini. Nama-nama yang lolos juga seharusnya uji publik," jelasnya.

Kepala Dinas Djafar Paputungan saat dikonfirmasi membantah tuduhan pungli dan proses perekrutan yang improsedural. Ia mengklaim pengumuman dilakukan transparan.

"Masalah guru ini sudah tuntas, tak ada permainan apalagi pungli. Kami sudah melakukan proses sesuai prosedur. Mereka yang lolos tentu yang memenuhi persyaratan," jelas Djafar.

Ada 210 tenaga guru kontrak yang lolos dalam seleksi tahun 2017 ini. Dinas pendidikan menyebut perekrutan ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2009 tentang pemenuhan beban kerja guru dan pengawas satuan pendidikan. Minimal jam mengajar 18 jam.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help