TribunManado/

Pemkot Kotamobagu Ingin Kelurahan Gogagoman Segera Dimekarkan 

DPRD Kota Kotamobagu menambahkan untuk usulan pemekaran Kelurahan Gogagoman di Kecamatan Kotamobagu Barat menjadi tiga kelurahan.

Pemkot Kotamobagu Ingin Kelurahan Gogagoman Segera Dimekarkan 
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Kelurahan Gogagoman di Kecamatan Kotamobagu Barat 

Laporan wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU -  DPRD Kota Kotamobagu menambahkan untuk usulan pemekaran Kelurahan Gogagoman di Kecamatan Kotamobagu Barat menjadi tiga kelurahan. 

"Ini sudah masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) akhir tahun insya allah selesai," jelas Kadir Rumoroy Ketua Komisi I DPRD Kotamobagu

Lanjutnya dasar pengusalan untuk dimekarkan dari masyarakat, diketahui oleh perangkat kelurahan dan lurah setempat. Saat ini untuk tahapannya menunggu proses pembuatan naskah dan kajian akademik.

"Faktor pendukung untuk dimekarkan karena jumlah penduduknya sudah diatas 10 ribu. Insya Allah bulan Oktober dan November 2017 akan dibahas lebih lanjut," tukasnya.

Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Anita Sabunge SP Kasubag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Bagian Pemerintah Setda Kota Kotamobagu menjelaskan selain Kelurahan Gogagoman ada lagi satu Kelurahan yaitu Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Utara yang ingin dimekarkan.

"Tapi yang lebih berpeluang untuk dimekarkan Kelurahan Gogagoman karena Keluraham Biga masih dalam wacana sementara Gogagoman sudah memenuhi syarat pemekaran," jelas Anita.

Adapun tahapannya saat ini masih sampai di dewan, kedepan pemkot akan buat tim pengkajian pemekaran dua kelurahan itu melibatkan dinas instansi terkait. Dasar pemekaran di Gogagoman penduduk sudah terlalu banyak, dilihat dari luas wilayah sangat luas, sudah diusulkan sejak tahun 2009, bagian wilayah kerja sarana dan prasarana pemerintahan sudah memadai dan penuhi syarat. 

"Target pemkot secepatnya dimekarkan tujuannya ketika ini mekar akan bertambah kelurahan, ketambahan sumber PAD dari PBB serta disana juga ada pasar sebagai berjualan," tandasnya

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help