TribunManado/

Gelar Pertemuan dengan Pengusahan Makanan Ternak, Bupati Minsel Harap Harga Komoditi Terjaga

Christiany Eugenia Paruntu menggelar pertemuan dengan Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) dan Pengusaha Jagung, Senin (17/7) .

Gelar Pertemuan dengan Pengusahan Makanan Ternak, Bupati Minsel Harap Harga Komoditi Terjaga
IST/DOK.TRIBUNMANADO
Bupati Minsel dengan penghargaan tanda KehormatanBintang jasa Utama di Istana Negara. 

 Laporan wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG -  Demi meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu menggelar pertemuan dengan Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) dan Pengusaha Jagung, Senin (17/7) di Hotel Sutan Raja Amurang.

Tujuannya antara lain untuk bekerjasama menjaga komoditi jagung.

Bupati Paruntu menjelaskan, potensi sumber daya alam yang dimiliki Minsel adalah luas tanam jagung. Tercatat pada 2017 ada seluas 56.260 Hektar yang bertambah menjadi 15.000 Hektar dari luas semula 41.260 Hektar dengan sasaran produksi perhektar rata-rata 6 sampai 8 ton. Sampai bulan September ini total luas tanam jagung diperkirakan mencapai 37.334 Hektar.

"Semua itu akan terus ditingkatkan terus guna mencapai target yang diharapkan," ucap Paruntu.

Ditambahkannya, dengan kalkulasi itu maka diproyeksikan total produksi jagung di Kabupaten Minsel tahun 2017 nantinya akan mencapai 337.560 ton. Dengan begitu potensi ini sudah seharusnya harus dikelola dengan baik dan serius, sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat Minsel khususnya.

"Saya mengimbau agar seluruh jajaran pemerintah dan juga masyarakat bisa semangat dalam memanfaatkan lahan terbuka,” jelasnya.

Komitmen pemerintah dalam hal ini selain terus membantu meningkatkan pelayanan bagi para petani secara berkelanjutan, ada pula dalam bentuk bantuan fasilitas sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk alat dan mesin pertanian. Selain itu ada juga bentuk bimbingan teknis, dengan harapan mampu meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian.

"Pemerintah berharap melalui kegiatan seperti ini dapat meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian di Minsel dengan harapan harga komoditi jagung tetap terjaga," pugkas Bupati cantik ini.

Dalam pertemuan di Hotel Sutan Raja Amurang, hadir juga Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Gatot Irianto, MS, Koordinator UPSUS Pajale atau Sekretaris badan Ketahanan Pangan Pusat Ir. Mulyadi, MM, Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sulut Ir. Refly Ngantung, Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Propinsi Sulut, Kepala Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut, Kepala Dinas Perdagangan Daeran Provinsi Sulut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM  Daerah Propinsi Sulut, Kepala BPTP, Pengurus Asosiasi Jagung Propinsi Sulut, para Pengusaha Pengepul hasil panen jagung Kabupaten Minsel, dan unsur Forkompimda Kabupaten Minsel.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help