TribunManado/

PT MMP Diam-diam Lanjutkan Menambang Bijih Besi di Pulau Bangka Minut?

"Di lokasi tambang, kantornya sudah siap. Waktu lalu sempat operasi (eksplorasi) tiga tahun tapi belum ada ekspor keluar."

PT MMP Diam-diam Lanjutkan Menambang Bijih Besi di Pulau Bangka Minut?
TRIBUN MANADO/FRANSISKA NOEL
Keindahan Pulau Bangka Minahasa Utara dilihat dari ketinggian 500 meter Desa Kahuku. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LIKUPANG - Manajemen PT Mikro Metal Perdana (MMP), pengelola tambang bijih besi di Pulau Bangka, Kabupaten Minahasa Utara membantah tudingan adanya aktivitas penambangan di lokasi tersebut.

Pemilik PT MMP, Mr Yang melalui Humas Viktor Masambe mengatakan, perusahaan ini belum melakukan eksploitasi atau produksi. Pihaknya masih melakukan eksplorasi atau pengambilan uji sampel.

"Di lokasi tambang, kantornya sudah siap. Waktu lalu sempat operasi (eksplorasi) tiga tahun tapi belum ada ekspor keluar," ujar Viktor di Kantor Tribun Manado, Jumat (14/7).

PT MMP pun hanya beraktivitas membangun fasilitas di lokasi itu pada 2012 hingga 2015. Aktivitas tersebut terhenti setelah ada gugatan sebagian masyarakat ke pengadilan.

"Saya turun ke lokasi tambang bulan lalu. Saya tanya warga sekitar. Untuk pengambilan sampel sudah ada persetujuan warga (saat itu)," ujarnya kepada Pemimpin Redaksi Tribun Manado, Sigit Sugiharto dan Koordinator Liputan Charles Komaling.

Dia mengaku, sebelum penolakan muncul telah ada sosialisasi kepada warga sekitar. Bahkan pihak perusahaan telah selesai melakukan pembebasan lahan masyarakat untuk penambangan.

"Memang ada pro dan kontra. Setelah ada gugatan, aktivitas terhenti. Tapi diberita ada pernyataan Ibu Jull Takaliuang bahwa ada aktivitas diam-diam. Di sana tak ada aktivitas diam-diam," tegasnya.

Dia menerangkan petugas di lokasi hanya menjaga peralatan agar tak terjadi kasus pencurian. Dia pun membantah banyak warga Tiongkok yang beraktivitas di lokasi tersebut.

"Setahu saya, disana hanya satu orang Tiongkok yang jaga. Mereka (pekerja Tiongkok) sudah lama dipulangkan," bebernya.

Dia enggan menanggapi kekalahan PT MMP di Mahkamah Agung. Bahkan tak mau membeberkan langkah manajemen ke depan.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help