TribunManado/

Pemkab Bolmong Verifikasi Warga Penerima Bantuan Rumah

Bolaang Mongondow mendapat jatah 841 bantuan stimulan perumahan swadaya.

Pemkab Bolmong Verifikasi Warga Penerima Bantuan Rumah
Kontan
Ilustrasi perumahan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Bolaang Mongondow mendapat jatah 841 bantuan stimulan perumahan swadaya. Saat ini Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman tengah melakukan verifikasi lapangan.

Kepala Dinas Dadang Nugroho mengatakan 400 unit bantuan rumah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Sementara 441 unit lainnya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

Bantuan ini untuk warga berpenghasilan rendah, dengan total bantuan Rp 15 juta. Tahap verifikasi lapangan dilakukan agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran.

"Dana ini langsung ke rekening penerima. Namun proses pencairan dana tetap harus melalui rekomendasi Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman," ujar Dadang, Jumat (14/7).

Proses bantuan ini dimulai dari pemasukan proposal desa, identifikasi, verifikasi penerima lalu pemberian surat keputusan penerima bantuan. Setelah itu penerima membuka rekening di bank.

"Uang dari rekening penerima itu kemudian pindah otomatis ke rekening toko penyuplai bahan bangunan yang sudah dipilih penerima. Jadi uang tersebut sudah dari rekening ke rekening," ujar Kabid Pemukiman, Veni Terema.

Pemilik toko tidak boleh memberikan harga melebihi harga standar yang ditentukan pemkab. Kalau di bawah standar harga bisa, tapi melebihi tidak dibolehkan.

"Pencairan bantuan ini pun terdiri dari dua tahap, masing-masing 50 persen. Namun apabila pencairan tahap pertama penerima tidak mampu berswadaya maka mereka harus mengembalikan bantuan itu dalam bentuk uang," jelasnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help