TribunManado/

Bupati Bolmut Ingatkan Warga Waspada Bencana

Hujan deras mengguyur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sabtu (15/7) siang.

Bupati Bolmut Ingatkan Warga Waspada Bencana
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh membaca Alquran 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

 

TRIBUNMANADO.CO.ID-- Hujan deras mengguyur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sabtu (15/7) siang. Seluruh masyarakat pun diminta tetap waspdada, sebab selain menjadi berkat, tingginya intensitas curah hujan juga dapat memicu terjadinya bencana longsor dan banjir  yang berpotensi  menimbulkan kerugian materiil serta korban jiwa.

"Kita harus bersyukur sebab hari ini Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bisa diguyur hujan. Ini merupkan hujan berkat, tapi harus diwaspadai juga jika intesitasnya sudah tinggi bisa memicu terrjadinya bencana banjir dan tanah longsor," kata Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs Hi Depri Pontoh.

Sejumlah wilayah yang rawan diterjang banjir, yakni Desa Bintauna Pante, Batu Lintik, Kopi, Biontong, Ollot, Sonuo, Jambu Sarang hingga ke Dalapuli. Daerah tersebut beberapa kali direndam banjir, karena meluapnya air sungai setelah hujan deras turun.

Wilayah yang rawan longsor  terbagi disejumlah titik, yakni Desa Bohabak, Paku, Inomunga hingga Komus. Pada tahun 2016 lalu, jalan Trans Sulawesi di Km 4 Desa Inomunga nyaris putus, akibat diterjang longsor. Beruntung jalan tersebut kini mulai diperbaiki, sehingga tak terlalu membahayakan masyarakat yang akan melintas. 

"Masyarakat yang berada dii lokasi rawan bencana harus siaga. Jika kondisi cuaca memburuk, maka baiknya segera mencari tempat tinggal lebih  aman untuk sementara waktu. Sebab, yang harus diutamakan adalah keselamatan jiwa," tegas Bupati.

Pantauan Tribun Manado, aktivitas masyarakat masih aman dan lancar. Belum terlihat adanya banjir dan longsor di titik-titik potensial terjadinya banjir dan tanah longsor. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help