TribunManado/

 Bolmong Akan Terapkan Pelayanan Berbasis Online

Tahlis Gallang membawa hawa baru bagi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Sekretaris Daerah ini akan menerapkan sistem birokrasi

 Bolmong Akan Terapkan Pelayanan Berbasis Online
HANDHIKA DAWANGI
Tahlis Gallang 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Tahlis Gallang membawa hawa baru bagi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Sekretaris Daerah ini akan menerapkan sistem birokrasi berbasis online.

"Ini akan sangat membantu. Menghemat waktu dan tenaga. Pelayanan pada masyarakat bisa lewat online. Investor bisa melakukan proses perizinan lewat online," ujarnya Jumat (14/7).

Sistem birokrasi yang masih manual memang memakan waktu dan tenaga yang lebih. Pekerjaan akan terasa mudah ketika semua tinggal "klik". Tahlis pun yakin Bolmong bisa mewujudkannya.

"Penyusunan perencanaan misalnya, birokrasi takkan mudah bercampur dengan politik. Ketika perencanaannya sudah online dan terhubung di pusat, tak ada lagi program tiba saat tiba akal," ujarnya.

Terkait penyusunan program tersebut, akan ada program e-planning yang langsung terintegrasi dengan Badan Perencanaan Nasional Republik Indonesia.

"Di mana setelah perangkat daerah secara keseluruhan telah menginput dan menyelesaikan RPJMD 2018-2022  maka program pembangunan di Bolaang Mongondow langsung diawasi oleh tim Bappenas, KPK RI, BPK RI," terangnya.

E-planning ini juga akan terintegrasi dengan SIMDA Badan Keuangan Daerah. Sehingga semakin mempermudah akses pengawasan target capaian kinerja tahunan dan lima tahunan berdasarkan sasaran visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help