TribunManado/
Home »

Video

Tribun Manado TV

(VIDEO) Pesona Pasir Putih di Pantai Tanjung Dulang Memikat Hati

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki banyak potensi wisata, yang mampu menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung.

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID—Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki banyak potensi wisata, yang mampu menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung.

Selain Pantai Batu Pinagut, lokasi potensial wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Tanjung Dulang, Desa Solo Sokoputa, Kecamatan Kaidipang.

Pantai Tanjung Dulang menurut Kulce Limpele, masih sangat alami sebab berada cukup jauh dari pusat keramaian ibukota dan memiliki kualitas pasir putih yang tak kalah baiknya dengan di Bali.

‘’Pantai ini sangat layak dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, tak hanya Pantai Batu Pinagut saja. Sebab, memiliki keindahan yang sangat luar biasa, terutama pasir putihnya dan bersihnya air laut yang ada di pantai,’’ katanya, Kamis (13/7).

Pantai Tanjung Dulang kata Kulce pernah dikelola oleh masyarakat sebagai objek wisata  pada tahun 2012 lalu. Kala itu ia menjadi salah satu penyelenggara kelompok sadar wisata di Tanjung Dulang.

‘’Banyak pendapatan yang diterima masyarakat dari pengelolaan objek wisata ini. Misalnya, dari retribusi masuk kendaraan dan orang yang berkunjung bisa mencapai jutaan rupiah saat hari libur,’’ ujarnya.

Kondisi lingkungan pemukiman dan pantai yang aman tambah Kulce, membuat masyarakat ketika itu tak pernah bosan untuk datang berlibur.

‘’Disini tak pernah ada kejadian tragis seperti di pantai lainnya yang meminta korban jiwa begitu banyak. Sebab, sangat tenang dan aman air lautnya,’’ tegasnya.

Masyarakat juga sempat mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mengembangkan lokasi wisata di Pantai Tanjung Dulang menjadi lebih memadai. Namun, saat anggaran diberikan dialihkan untuk pengembangan wisata di lokasi lain.

‘’Waktu itu kami sempat kesal, sebab bantuan yang seharusnya untuk pengembangan pantai Tanjung Dulang, tapi dialihkan ke lokasi wisata lain. Akhirnya lokasi wisata ini tak berkembang, meski sangat di sukai masyarakat,’’ ungkap Kulce.

Sejumlah infrastruktur yang rencananya akan dibangun kala itu, yakni gazebo, pendirian aula, hingga pengadaan wahana laut seperti banana boat, untuk rekreasi bagi para pengunjung.

‘’Pada saat itu, masyarakat yang menyewa benen dan perahu katinting saja untuk berkeliling di laut sudah sangat senang. Apalagi jika ditambah dengan wahana lebih modern, pasti akan sangat berkembang,’’ tuturnya.

Menurut Kulce, yang paling menarik di Pantai Tanjung Dulang selain keindahannya, yakni hadirnya hewan yang dilindungi oleh pemerintah yakni Penyu setiap bulan purnama untuk bertelur.

‘’Di Pantai Tanjung Dulang jadi lokasi favorit penyu untuk berkembang biak. Jika pemerintah membantu masyarakat untuk melestarikannya dengan membuat penangkaran khusus untuk pengembangan penyu, maka pasti bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung, terutama dari luar Negeri. Sebab, peristiwa seperti ini sangat unik,’’ katanya.

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help