TribunManado/

Suriansyah Siap Lawan Depri di Pilkada Bolmut

Tak hanya di Minahasa dan Kotamobagu, pasangan petahana pecah kongsi juga bakal terjadi di Kabupaten Bolmut.

Suriansyah Siap Lawan Depri di Pilkada Bolmut
dokumen Tribun Manado
Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wakil Bupati Suriansyah Korompot saat dilantik. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Tak hanya di Minahasa dan Kotamobagu, pasangan petahana pecah kongsi juga bakal terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot siap melawan Bupati Depri Pontoh pada pilkada serentak tahun 2018.
Suriansyah menegaskan, dia siap untuk diusung PAN, jika dipercayakan untuk maju sebagai calon kepala daerah. "Saya mendaftar di PAN sebagai calon bupati. Formulir pendaftarannya sudah diambil, dan akan segera dimasukkan setelah semua persyaratan dilengkapi,'' kata Papa Fatur, sapaan akrabnya.

Ia mengaku tekadnya untuk maju menjadi calon bupati, sebab memiliki kerinduan besar bersama-sama masyarakat membangun daerah menjadi lebih maju ke depan. "Jika saya dipercayakan masyarakat untuk memimpin daerah ini, maka banyak keputusan strategis yang bisa diambil untuk melaksanakan program yang lebih berpihak bagi kesejahteraan masyarakat,' katanya.

Sebanyak delapan bakal calon bupati dan wakil bupati mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Mereka yang mengambil formulir akan diseleksi untuk dipersiapkan sebagai calon pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 di Kabupaten Bolmut.

"Hingga hari ini sudah ada delapan bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran di sekretariat. Kandidat calon yang mengambil formulir dari berbagai kalangan, mulai dari politisi, anggota TNI, Polri, hingga birokrat,'' kata Zaldi Alamri, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Bolmut, Rabu (12/7).

Fadkan Humahani, Sekretaris Panitia Penjaringan Calon PAN Bolmut menambahkan, kedelapan bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran, yakni mantan Bupati Hamdan Datunsolang, Wakil Bupati Suriansyah Korompot, Wakil Ketua DPRD Arman Lumoto, Muryanto Babay, Teddy Pontoh, Juldin Bolota, dan Subhan Hasan.
"Yang mengambil formulir adalah utusan kandidat, tapi mereka wajib membawa surat kuasa,'' ujarnya.

Kandidat calon yang telah mengambil formulir pendaftaran, wajib mengembalikan hingga Senin (17/7) pekan depan. "Jika tidak dikembalikan oleh kandidat secara langsung, maka tidak akan diterima dan dianggap gugur. Artinya, kandidat calon tersebut tak bisa lagi mengikuti tahapan penjaringan selanjutnya yakni survey, sebagai acuan untuk ditetapkan menjadi calon,'' kata Humahani.

Calon yang akan diusung, menurutnya, adalah kandidat yang memiliki elektabilitas terbaik berdasarkan hasil survei internal PAN. "Calon yang akan diusung adalah calon terbaik, yang memiliki hasil survei tertinggi,'' tegasnya.

Hingga Rabu (12/7) sore, pendaftaran masih dibuka terbuka untuk umum. Tim masih standby di sekretariat untuk menunggu bakal calon lainnya datang mendaftar. "Hari ini (pukul 16.00 Wita) pendaftaran akan ditutup,'' ungkap Humahani.

Arman Lumoto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bolmut mengungkapkan, dia juga akan ikut tahapan penjaringan di PAN, dengan harapan bisa diakomodir sebagai calon pada pilkada nanti. "Saya akan mendaftar sebagai calon bupati, dan formulirnya sudah diambil, tinggal dilengkapi serta dimasukkan ke tim penjaringan,'' ungkapnya.

Arman menegaskan, dirinya siap untuk mengikuti seluruh tahapan penjaringan calon yang dilakukan partai, termasuk survei sebagai acuan. "Survei akan dilakukan PAN untuk melihat elektabilitas calon. Jika hasilnya baik, maka saya siap diusung jika dipercayakan oleh partai,'' katanya.

Dia mengaku, tak takut untuk melepaskan jabatannya saat ini sebagai Wakil Ketua DPRD, jika oleh masyarakat diminta maju pada pilkada 2018.
"Tujuan saya untuk maju pada pilkada adalah baik, yakni untuk membangun daerah dan mensejahterakan rakyat. Jadi, tidak menjadi masalah jika nantinya harus melepaskan jabatan di DPRD,'' tukasnya. *

HASIL PEMILU BOLMUT 2014
* PPP 3 kursi
* Partai Golkar 3 kursi
* Partai Demokrat 3 kursi
* PAN 3 kursi
* PKB 2 kursi
* PKS 2 kursi
* PDIP 2 kursi
* Gerindra 2 kursi
* Nasdem 2 kursi

STORY HIGHLIGHTS
* Suriansyah menegaskan, dia siap untuk diusung PAN, jika dipercayakan untuk maju sebagai calon kepala daerah
* Kedelapan bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran, yakni mantan Bupati Hamdan Datunsolang, Wakil Bupati Suriansyah Korompot, Wakil Ketua DPRD Arman Lumoto, Muryanto Babay, Teddy Pontoh, Juldin Bolota, dan Subhan Hasan
* Bakal calon yang telah mengambil formulir pendaftaran, wajib mengembalikan hingga Senin (17/7) pekan depan

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help