TribunManado/

Penambahan Desa Baru di Boltim Sulit Terwujud

Ketua Dewan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Marsaole Mamonto, tidak ada lagi pemekaran baik desa maupun Kecamatan tahun 2017.

Penambahan Desa Baru di Boltim Sulit Terwujud
ALDI PONGE
Petani di Boltim. Foto ilustrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Ketua Dewan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Marsaole Mamonto, tidak ada lagi pemekaran baik desa maupun Kecamatan tahun 2017.

"Pemekaran terakhir dua kecamatan dari tiga kecamatan yang diusulkan. Dua kecamatan yakni Motongkat dan Mooat sedangkan Buyat administrasinya belum lengkap," ujar Marsaole Mamonto, Rabu (12/7).

Kata dia, Buyat kelengkapan berkasnya belum ada. Di tambah lagi jumlah desa tidak memenuhi persyaratan, Buyat hanya memiliki enam desa, sedangkan sesuai peraturan harus 10 desa. Jumlah penduduk juga tak memenuhi.

Menurutnya, penambahan daerah baru untuk tahun ini, mungkin sangat sulit. Hal ini disebabkan adanya undang-undang nomor 1 tahun 2017 tentang pemekaran desa.

"Karena disitu mencatat, jika adanya pemekaran harus ada 600 kepala keluarga. Maka totalnya 1200 kepala keluarga baru bisa dimekarkan. Waktu lalu baru 100 KK," ucap Marsaole.

Tambahnya, pemerintah pusat sekarang sangat selekstif di dalam memberikan aturan buat daerah untuk melakukan pemekaran. Sebab adanya alokasi dana desa dan dana desa yang sangat besar sekitar 1-2 miliyar pertahun.

Sementara Kepala bagian tata pemerintahan Boltim Ikhlas Pasambuna mengatakan tahun 2012 terlebih dulu adanya pemekaran desa, lalu diikuti tahun 2014-2015 Kecamatan.

Data yang masuk ada tiga kecamatan yang diusulkan yakni Motongkat, Mooat dan Buyat. Tapi yang disepakati hanya dua menjadi Kecamatan baru di Boltim.

Kata dia, ada satu desa yang sementara ini, akan dikaji lagi yakni Molobog Timur. Desa ini sudah disahkan oleh pemerintah pusat, akan tetapi harus lihat lagi, lebih lanjut.

"Nantinya jika kajian serta survei sudah memenuhi persyaratan maka akan dilaporkan ke pak bupati," ujar Ikhlas

Lanjutnya, jika persyaratan telah dipenuhi, nantinya akan ketambahan satu desa lagi menjadi 81 desa di Boltim. Sementara ini belum ada usulan dari masyarakat untuk menambah desa baru. (Ven)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help