TribunManado/

Tatong Dapat Restu Zulkifli, Jainuddin Dekati Amien Rais

Eskalasi politik di Kota Kotamobagu meningkat. Pasangan petahana Tatong Bara dan Jainuddin Damopolli.

Tatong Dapat Restu Zulkifli, Jainuddin Dekati Amien Rais
Tatong Bara-Jainuddin Damopolii (TB-Jadi)

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Eskalasi politik di Kota Kotamobagu meningkat. Pasangan petahana Tatong Bara dan Jainuddin Damopolli dipastikan akan bertarung memperebutkan kursi 'papan satu' pada pilkada serentak 2018.

Pertarungan pun dimulai lebih awal. Tatong dan Jainuddin yang merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) bersaing ketat merebut jatah kursi kandidat wali kota.

PAN satu-satunya partai politik yang mempunyai fraksi utuh di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu. Hanya partai berlambang matahari terbit ini yang bisa mengusung sendiri calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Tatong sebagai Wali Kota Kotambobagu dan wakilnya Jainuddin berkeinginan besar maju bersama PAN. Kabar terakhir menyebutkan Totang sudah mendapat restu Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno. Jainuddin yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kotamobagu kabarnya didukung Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Utara Sehan Landjar.

"PAN akan bingung dan mendapat batu sandungan untuk mencalonkan siapa bakal calon wali kota Kotamobagu antara Tatong dan Jadinuddin karena berbagai faktor dan pertimbangan. Sehingga keduanya akan mengandalkan para petinggi PAN di pusat," ujar sumber di internal DPD PAN Kotamobagu, Selasa (11/7).

Kabarnya Tatong mati-matian mendapat tiket PAN dari DPP sedangkan Jainuddin akan masuk melalui Amin Rais, mantan Ketua Umum PAN. "Baik Ibu Wali Kota Tatong dan Wakilnya Pak Jainuddin dikabarkan tengah membangun komunikasi dengan masing-masing jagoan di DPP PAN," ujar sumber ini.
Ditemui di kediaman rumah dinasnya, Jainudin sangat optimistis bakal dicalonkan PAN pada pilkada nanti.

"Saya akan mendaftar di PAN tapi masih merahasiakan waktunya kapan," kata Jainuddin kemarin. Mengenai peluang dipasangkan kembali dengan Tatong, sepertinya Jainuddin sudah tidak mau lagi. Terlihat tak ada lagi chemistry antara keduanya meski saat ini masih menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Jika dicalonkan kembali harus dilihat usulan dari DPD dan wilayah (DPW) PAN, cari pasangan yang sesuai. Saya sudah buka hati membangun komunikasi, duduk berdekatan ajak bicara tidak diladeni bagaimana mau berkomunikasi. PAN ingin menang dalam pilkada pemilihan wali kota dan wakil wali kota Kotamobagu," tegas Jainuddin.

Perlu diketahui, Sejak 10 Juli hingga 17 Juli, DPD PAN Kotamobagu membuka penjaringan bakal calon. Kata Jainuddin, waktu yang disiapkan sudah cukup. Nantinya hasil penjaringan yang dikirim ke DPP. Katanya, harus dihindari hal seperti namanya yang diputuskan tak sesuai dengan usulan. Dia terus ingatkan jangan seperti itu.

"Dari jauh-jauh harus diingatkan itu jangan tejadi. Jangan dilakukan karena pengalaman buruk akan ganggu partai. DPP PAN dalam mengeluarkan surat keputusan (SK) calon kepala daerah harus berdasarkan usulan jangan jalan masing-masing baik DPW dan DPP. Jangan rusak aspirasi bawah karena yang pilih masyatakat bukan DPP," urainya.

Bakal calon yang bakal maju dengan kendaraan PAN, kata Jainuddin, yang utama berkomitmen jelas bantu partai. Katanya, jangan saat lapar cari partai setelah kenyang tinggalkan partai. Jangan hanya gunakan partai untuk butuhkan sesuatu. *

===pull out
Jangan rusak aspirasi bawah karena yang pilih masyatakat bukan DPP
JAINUDDIN DAMOPOLII
Ketua DPD PAN Kotamobagu

STORY HIGHLIGHTS
* PAN satu-satunya partai politik yang mempunyai fraksi utuh di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu
* PAN akan bingung dan mendapat batu sandungan untuk mencalonkan siapa bakal calon wali kota Kotamobagu
* Keduanya akan mengandalkan para petinggi PAN di pusat

HASIL PEMILU 2014
* PAN 6 Kursi
* Golkar 5 Kursi
* PDIP 3 Kursi
* Demokrat 3 Kursi
* PKB 2 Kursi
* Gerindra 2 Kursi
* PKS 2 Kursi
* Hanura 2 Kursi
Sumber: KPU Kotamobagu

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help