TribunManado/

Masyarakat Bolmong Diminta Proaktif Laporkan Temuan Penyakit Kusta

Pemerintah memiliki program untuk mengobati, melindungi dan mengendalikan kusta yang diderita warga.

Masyarakat Bolmong Diminta Proaktif Laporkan Temuan Penyakit Kusta
Foto ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Masyarakat diminta peka terhadap penyakit kusta dan frambusia. Pemerintah memiliki program untuk mengobati, melindungi dan mengendalikan kusta yang diderita warga.

Sehingga warga yang terindikasi terkena penyakit menular ini agar segera melaporkan ke petugas kesehatan terdekat. Petugas lapangan yang berhadapan langsung pun mendapat pembekalan bagaimana menghadapi orang kusta.

Hal ini terungkap dalam kegiatan advokasi, sosialisasi dan pelaksanaan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampanye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia di kantor Pemkab Bolmong, pada Senin (10/7/2017).

"Tujuan pelaksanaan yakni tersosialisasinya penyakit kusta dan frambusia, situasi dan kebijakan program pencegahan dan  pengendalian penyakit," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Julin Papuling.

Asisten II Setdakab Bolmong Sonda Simbala mengatakan sehat merupakan hak setiap orang.  Pemkab Bolmong melakukan sosialisasi tersebut untuk memberikan arah strategi pengendalian kusta dan frambusia dengan melibatkan lintas sektoral.

Turut hadir perwakilan Kemenkes RI Kepala Seksi Kusta Subdit Penyakit Kronis Menular Langsung Kemenkes, Dokter Tiara Pakasi, Kabid P2P Dinkes Sulut Dokter Steaven Dandel, para camat, Kepala UPTD puskesmas dan tenaga teknis. 

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help