TribunManado/

Tatong-Jainuddin Bersaing Ketat di PAN

Tak ada kawan dan lawan abadi di politik. Fenomena pasangan petahana pecah kongsi bakal terjadi di pilkada.

Tatong-Jainuddin Bersaing Ketat di PAN
TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara tiba di lokasi upacara peringatan HUT Kartini 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Tak ada kawan dan lawan abadi di politik. Fenomena pasangan petahana pecah kongsi bakal terjadi di pilkada Kota Kotamobagu. Tatong Bara dan Jainuddin Damopolii yang mampu menjuarai kontestasi pada pilkada tahun 2013 akan berpisah.

Tatong dan Jainuddin sama-sama akan maju sebagai calon wali kota. Jainuddin pada beberapa kesempatan telah menyatakan kesediaannya mencalonkan sebagai 'papan satu' (wali kota).
Partai Amanat Nasional (PAN) yang punya enam kursi di legislatif Kotamobagu, Senin (10/7), secara resmi membuka penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada pilkada 2018.
Sementara Partai Golkar, PDI-Perjuangan, Demokrat, PKB, Gerindra, PKS dan Hanura butuh koalisi agar bisa mengusung calon.

Meski begitu, sejumlah politisi mulai dijadikan perebutan calon dari parpol. Ada nama Djelantik Mokodompit, Aditya Didi Moha (ADM), Arfan Mokodongan, Benny Rhamdani.
PDI-Perjuangan dikabarkan ingin berkoalisi dengan PAN dan mengusung Tatong. "Semua punya peluang," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PDI-Perjuangan Frangky Wongkar belum lama ini.

Ketua DPW PAN Sulut Sehan Landjar mengatakan akan prioritas kader internal. "Kader PAN khusus Kotamobagu banyak, jadi tinggal memilih saja, berdasarkan survei dari partai," ucap Sehan.
Kata dia, PAN membuka pintu kepada partai mana saja yang ingin berkoalisi meski bisa mengusung calon sendiri.
"Kita tunggu saja, kan pelaksanaan masih tahun depan 2018. Baik pendaftaran calon maupun seleksi berkas," ujar Sehan.

Kata Bupati Bolaang Mongondow Timur ini, seluruh kader PAN berpeluang diusulkan menjadi calon wali kota dan wakil wali kota. Dia mengakui untuk Kotamobagu memang memiliki persaingan yang ketat. Ada beberapa nama seperti Tatong Bara, Ketua Dewan Ahmad Sabir, Jainuddin Damopolii, Wakasekjen Dedi Setiawan Dolot serta ada beberapa anggota dewan lainnya. *

Hasil Pemilu 2014
* PAN 6 Kursi
* Golkar 5 Kursi
* PDIP 3 Kursi
* Demokrat 3 Kursi
* PKB 2 Kursi
* Gerindra 2 Kursi
* PKS 2 Kursi
* Hanura 2 Kursi
Sumber: KPU Kotamobagu

BURSA CALON
* Djelantik Mokodompit
* Aditya Didi Moha (ADM)
* Arfan Mokodongan
* Benny Rhamdani
* Ahmad Sabir
* Dedi Setiawan Dolot

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help