TribunManado/

Sambangi Lapas Anak dan Perempuan di Tomohon, Menteri Yohana Ingin Pastikan tak Ada Kekerasan

Menteri PPPA Yohana Yembise mengadakan kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan pada Minggu (9/7/2017)

Sambangi Lapas Anak dan Perempuan di Tomohon, Menteri Yohana Ingin Pastikan tak Ada Kekerasan
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise memberikan bantuan dalam rapat koordinasi bidang perlindungan hak perempuan kawasan Timur Indonesia di Manado, pada Sabtu (8/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengadakan kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Kota Tomohon, pada Minggu (9/7/2017).

Kedatangan Menteri Yohana ingin meninjau langsung LPKA dan Lapas Perempuan

"Saya ingin memastikan tidak ada kekerasan terhadap tahanan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan ini. Tugas saya adalah melindungi kaum perempuan dan anak-anak, terlebih khusus anak-anak dan perempuan penghuni di lapas disini," ungkapnya.

Lapas di Tomohon harus ramah anak dan ramah perempuan, "Tidak boleh ada kekerasan dan pelecehan di dalam lapas ini," kata menteri bergelar profesor ini.

Yohana mengakui, masih banyak lapas-lapas di daerah lain yang masih terdapat kekerasan serta pelecehan seksual yang terjadi dikarenakan anak-anak masih bercampur dengan orang dewasa,

"Hal ini yang menjadi perhatian kami selaku pemerintah pusat," ujarnya.

Menteri menambahkan anak-anak binaan yang berumur dibawah 18 tahun harus bersekolah, bermain dan berkreatif sesuai dengan konvensi hak anak internasional.

Bagi perempuan, harus diberikan bimbingan, pembinaan dan harus ada usaha-usaha yang dibuat di lapas ini sehingga para perempuan di lapas itu merasa merasa hidup di rumah sendiri dalam lapas ini

Para anak-anak binaan dan para perempuan di Lapas Tomohon ini agar dapat diberi kesempatan untuk dapat berkomunikasi dengan keluarga khususnya dengan orang tua dan anak-anaknya.

Pada kesempatan tersebut, usai sambutan Menteri Yohana menyerahkan bantuan kepada para anak-anak dan perempuan binaan bantuan berupa kebutuhan-kebutuhan pokok dan alat-alat keterampilan seperti mesin jahit dan alat lainnya.

Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah pusat atas bantuan yang telah disalurkan pada saat kunjungan tersebut.

"Terima kasih kepada Ibu menteri atas perhatiannya yang telah memberikan bantuan di lapas anak dan perempuan di Tomohon dan juga bantuan kepada Pemerintah kota Tomohon," ujar Eman.

Selain mengunjungi Lapas, rombongan Menteri Yohana menyempatkan diri ke tempat pembuatan rumah panggung di Kelurahan Woloan Satu.

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help