TribunManado/

Bupati Pontoh Launching Klinik Perencanaan di Bolmut

Kepala Bidang Perencanaan Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengungkapkan, suksesnya program pembangunan di daerah sangat ditentukan oleh mata

Bupati Pontoh Launching Klinik Perencanaan di Bolmut
TRIBUNMANADO/WARSTEFF ABISADA
Bupati Drs H. Depri Pontoh launching Klinik Perencanaan di Bolmut 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID—Pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dilakukan secara merata oleh pemerintah, dibawah kendali Bupati Drs Hi Depri Pontoh dan Wakil Bupati Suriansyah Korompot selang tiga tahun terakhir.

Hal itu bisa terwujud karena optimalnya kegiatan perencanaan pembangunan di daerah yang dilaksanakan sejak dari tingkatan desa pada tahun 2017 ini.

‘’Dengan baiknya perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, maka pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat bisa dilakukan secara merata di semua wilayah,’’ kata Bupati usai melaunching Klinik Perencanaan Bappelitbang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Senin (3/7).

Pembangunan yang dilakukan pemerintah, sesuai dengan perencanaan tata ruang dan wilayah, misalnya di Kecamatan Sangkub dikembangkan Pertanian, Bintauna khusus Pendidikan, Bolangitang Timur untuk Industri, Bolangitang Barat untuk pengembangan Ekonomi dan Perdagangan, Kaidipang menjadi pusat pemerintahan, serta Kecamatan Pinogaluman untuk sektor Kelautan dan Perikanan.

Abdul Jalil Pandialang, Kepala Bidang Perencanaan Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengungkapkan, suksesnya program pembangunan di daerah sangat ditentukan oleh matangnya perencanaan.

Makanya, dengan hadirnya Klinik Perencanaan dapat mendorong pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten, untuk merumuskan program yang sesuai dengan visi misi serta prioritas rencana pembangunan jangka menengah daerah.

‘’Klinik Perencanaan hadir untuk memberikan solusi dan meningkatkan kualitas usulan program prioritas, agar pembangunan berjalan optimal diseluruh wilayah,’’ tuturnya.

Ia mengatakan, dengan adanya Klinik Perencanaan bisa mencegah hadirnya program-program yang mubazir untuk diusulkan dalam musyawarah pembangunan di daerah. ‘

’Masyarakat dan pemerintah desa nantinya menjadi lebih paham untuk mengusulkan program yang tepat untuk dilaksanakan pemerintah daerah.

Jangan sampai, dinilai bisa untuk membangun jalan ditingkat desa, tapi digugurkan karena setelah dikaji belum memenuhi skala prioritas akibat lemahnya perencanaan,’’ tukasnya. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help