Sejak 2003, Ini Total Biaya yang Dikeluarkan Roman Abramovich untuk Chelsea

Totalitas adalah kata yang tepat untuk Roman Abramovich dalam hal sepak bola.

Sejak 2003, Ini Total Biaya yang Dikeluarkan Roman Abramovich untuk Chelsea
AFP
Roman Abramovich, satu di antara orang terkaya di Rusia 

TRIBUNAMANADO.CO.ID- Totalitas adalah kata yang tepat untuk Roman Abramovich dalam hal sepak bola.

Pemilik klub Chelsea ini sudah menggelontorkan dana sampai 2 miliar poundsterling, atau setara Rp 34,6 triliun kepada klub berjulukan Blues ini.

Sejak diambil alih oleh Abramovich pada tahun 2003, nasib Chelsea langsung berubah drastis.

Klub London yang biasanya berada di papan tengah Liga Inggris ini, langsung melonjak menjadi juara liga pada musim 2004-2005.

Sejak saat itu, Blues sudah enam kali menjuarai Liga Inggris.

Kesuksesan ini tentu tak lepas dari uang Abramovich, yang digunakan untuk membeli pemain-pemain kualitas terbaik, dengan harga yang mahal.

Sejak tahun 2004, pengusaha migas dan baja asal Rusia ini hanya mau mengontrak pelatih-pelatih terbaik di dunia bagi Blues.

Pendapatnya tidak salah, dan hasilnya terasa secara instan.

Uniknya, sebelum menjadi salah satu oligarki, masa kecil Abramovich ternyata jauh dari gelimang harta.

Orangtuanya meninggal dunia saat dia masih kecil, sehingga Abramovich kecil harus menjadi pengasong di jalan untuk membiayai hidupnya.

Namun, jalanan sepertinya adalah sekolah bisnis terbaik bagi pria kelahiran 24 Oktober 1966 ini, sehingga saat ini dia bisa memiliki kekayaan sampai 8,8 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 117,3 triliun.

Di bawah Abramovich, seperti dilansir Mirror, keluarga Glazer dari Amerika Serikat, tercatat sebagai investor terbesar kedua diLiga Inggris.

Pemilik klub Manchester United (MU) ini telah mengalirkan dana sampai 800 juta poundsterling, atau Rp 13,8 triliun, kepada Setan Merah.

Mirip seperti Abramovich, Glazer juga tak ragu-ragu keluar uang banyak untuk membeli pemain.

Sampai saat ini, MU masih memegang rekor nilai transfer tertinggi di dunia, saat mereka membeli Paul Pogba dari Juventus, dengan harga 86 juta poundsterling.

Tempat ketiga ternyata diduduki Stan Kroenke, pemilik Arsenal, sebab pengusaha perumahan ini telah menggelontorkan dana sebesar 450 juta poundsterling, atau Rp 7,7 triliun, bagi Gunners.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help