Kata Mendagri Siskamling Perlu Untuk Halau Terorisme

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini pelaksanaan sistem keamanan lingkungan (siskamling) perlu ditingkatkan lagi dalam rangka melawa

Kata Mendagri Siskamling Perlu Untuk Halau Terorisme
Net
Mendagri Tjahjo Kumolo

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini pelaksanaan sistem keamanan lingkungan (siskamling) perlu ditingkatkan lagi dalam rangka melawan terorisme.

Karena itu, Tjahjo mendorong kepolisian agar mengoptimalkan kegiatan siskamling yang telah diatur di dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 23 Tahun 2007 tentang Siskamling.

Sebab, menurut Tjahjo, pelaksanaan siskamling di lingkungan RT/RW saat ini tidak dilakukan secara intensif.

 

"Mencermati gelagat, perkembangan, dinamika saat ini, Polri juga perlu melaksanakan kembali dengan sungguh-sungguh Perkap 23 tahun 2007 tentang Siskamling, yang sudah terlihat mulai tidak intensif di lingkungan Masyarakat Kemendagri dan Kompolnas akan mendorong kembali pelaksanaan Perkap tersebut," ujar Tjahjo sesuai pesan singkatnya, Sabtu (1/7/2017).

Selain itu, Tjahjo juga menilai penerapan kewajiban tamu melapor 1 X 24 jam di lingkungan RT/RW perlu ditingkatkan guna meminimalisir adanya pengaruh radikalisme dari luar masuk ke warga.

"Kewajiban tamu dalam 1 X 24 jam wajib lapor waktu itu untuk menghadapi ancaman komunis yang sangat efektif dapat dimodifikasi sesuai ancaman sekarang yaitu radikalisme dan terorisme," ujar Tjahjo.

Berita ini sudah tayang di www.Tribunnews.com dengan judul: Antisipasi Terorisme, Mendagri: Siskamling Harus Ditingkatkan

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help