Ivansa dan CNR Paling Disukai Kader Golkar

Ivan Sarundajang dan Careig N Runtu bersaing ketat memperebutkan kursi kandidat bupati Minahasa dari Golkar.

Ivansa dan CNR Paling Disukai Kader Golkar
NET
Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang.

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Ivan Sarundajang dan Careig N Runtu bersaing ketat memperebutkan kursi kandidat bupati Minahasa dari Partai Golkar.
CNR (figur internal Golkar) memperolehan 208 suara dan Ivansa (figur eksternal) dengan mendapatkan dukungan 221 suara.

Demikian hasil penjaringan bakal calon bupati oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Minahasa di SLA Langowan, Jumat (30/6).

Sosialisasi dan penjaringan dibuka Ketua DPD Partai Golkar Sulut Stevanus Vreeke Runtu (SVR) dihadiri seluruh kader Golkar Minahasa.
Saat dilakukan penjaringan, ada 20 nama bakal calon yang muncul. Terdiri dari 11 nama internal partai dan eksternal partai ada sembilan nama.

Dari 20 nama tersebut, muncul dua nama yang memperoleh suara paling dominan sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. CNR calon internal dan Ivansa calon eksternal.
Nama-nama yang sudah terjaring diserahkan ke DPD I Partai Golkar Provinsi Sulut dan akan diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Penetapan calon akan ditentukan DPD I Partai Golkar Provinsi Sulut dan DPP Golkar.
Pada kesempatan itu, SVR mengatakan, untuk memenangkan Pilkada Minahasa 2018 hanya ada satu cara yang harus dilakukan bersama yaitu kerja keras.
"Partai Golkar mempunyai doktrin karya dan kekaryaan bukan hanya modal bibir saja tapi harus bekerja keras dan turun ke lapangan bersama rakyat," ujar SVR.

Dia mengingatkan, agar pengurus desa, kelurahan dan kecamatan benar telah menjaring dan mengusulkan figur yang dianggap memahami kebutuhan masyarakat. Tetap berkomitmen peduli untuk terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya saat perlu dukungan, datang ke pengurus DPD dan DPP sampai memohon, tapi setelah terpilih tidak peduli lagi dan kaca mobil ditutup rapat, tidak peduli rakyat yang dia lewati.

Runtu mengatakan, bertekad akan merebut empat dari enam Pilkada 2017 di Provinsi Sulut.
Ivansa, kader PDIP Minahasa yang hadir mengatakan, sangat terharu dan berterima kasih kepada Golkar lantaran namanya muncul dalam penjaringan itu.

"Saya terharu nama saya muncul melalui proses demokrasi dari seluruh desa kelurahan dan kecamatan, terima kasih kepada semuanya, karena saya eksternal dijaring dari partai Golkar. Saya bangga kepada Golkar yang terbuka, modern, dan objektif dalam rangka agenda politik Pilkada," ujar dia.

CNR menjelaskan, penjaringan adalah mekanisme proses yang diwajibkan partai untuk dilakukan.
"Ada beberapa nama yang muncul tadi, dan itu membuktikan bahwa mekanisme ini bukan rekayasa dan diwajibkan oleh Partai Golkar," ujarnya.

Ia mengatakan, proses selanjutnya tinggal dari DPD I dan DPP yang akan menentukan siapa calon yang diusung. "Kita DPD II (Minahasa) hanya melakukan kewajiban proses penjaringan saja," jelasnya.
JWS Masih Tanggu
Pilkada Minahasa tinggal setahun lagi. Beberapa persiapan pun dilakukan, termasuk calon yang akan diusung.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help