TribunManado/

Datanglah Berlebaran Ketupat di Buyat, Anda Akan Dijamu Menu Unik dan Lezat Ini

Harganya per ekor mencapai Rp 80.000. Harga semakin mahal jelang Lebaran Ketupat.

Datanglah Berlebaran Ketupat di Buyat, Anda Akan Dijamu Menu Unik dan Lezat Ini
Net
sogili 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLTIM - Sogili atau dikenal juga dengan sidat jadi menu andalan warga Buyat, Kecamatan Kotabunan, Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada perayaan Ketupat Minggu (2/7) mendatang.

"Saya tiap tahun menyediakan ikan sogili bumbu RW. Sebab banyak saudara dari Manado, selalu memesan setiap acara ketupat," ujar Gunawan Mamonto, Kamis (29/6).

Menurutnya, ikan sogili atau ikan dengan nama latin Anguilla celebensis, biasanya didapat dengan cara pancing. Jika masih kurang, ia akan membeli dari orang lain. Harganya per ekor Rp 80.000. Harga semakin mahal jelang Lebaran Ketupat.

Hampir seluruh warga Buyat menyediakan ikan sogili di rumah untuk menyambut tamu yang datang. Cara memasaknya bermacam-macam, ada dibakar rica, bumbu RW serta woku belanga.

Ketua Panitia hari besar Islam (PHBI) Samsudin Dama mengatakan, memang tradisi Lebaran Ketupat tiap tahun dilaksanakan selesai perayaan Idul Fitri.

Nantinya Lebaran Ketupat di Bolaang Mongondow Timur akan dimulai dari desa Buyat. Kemudian pada Senin (3/7) di Bulawan, lalu Selasa (4/7) Paret, Minggu selanjutnya di Desa Bukaka.

Saat ini warga Buyat mulai bersiap-siap, mulai dari menghias jalan, serta mencari bambu untuk pembuat nasi jahe, nasi yang khusus untuk dibawa oleh para tamu nanti.

Selain itu akan digelar berbagai lomba tradisional seperti balap karung, gigit leper (sendok), hingga panjat pinang. Acara seluruhnya diselenggarakan oleh warga Buyat.

"Pokok acara ini tak kalah meriah dengan Provinsi Gorontalo dan Kota Manado ( khusus di Maasing dan sekitarnya). Saya yakin pasti banyak tamu akan datang di Buyat," ujar Samsudin Dama.

Sementara Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Meidy Wowiling mengatakan, untuk pengamanan setiap Ketupat, akan menurunkan 2/3 personel Polsek. 

"Jadi sekitar 18 orang personel kepolisian akan berjaga sampai acara selesai," ucap Meidy Wowiling.

Lanjut dia, pihak kepolisian juga nantinya akan dibantu oleh TNI dalam hal ini personel dari Koramil Kotabunan. (*)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Charles_Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help