TribunManado/

Hingga Mei 2017, Sudah 7 Orang Tewas Lakalantas di Tomohon

Arus mudik lebaran berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) akibat peningkatan volume kendaraan di jalan.

Hingga Mei 2017, Sudah 7 Orang Tewas Lakalantas di Tomohon
NET
Ilustrasi kecelakaan lalulintas 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Arus mudik lebaran berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) akibat peningkatan volume kendaraan di jalan.

Kasat Lantas Polres Tomohon, AKP Sam Dotulong mengungkapkan, Tomohon sebagai jalur perlintasan kendaraan merupakan satu di antara fokus Kepolisian untuk mengantisipasi lakalantas. Satu di antara jalur ramai yakni Jalan Manado-Tomohon.

"Peningkatan aktivitas kendaraan tentu dibarengi dengan potensi lakalantas, kami imbau warga waspada saat berkendara," ungkap Dotulong kepada Tribun Manado, Kamis (23/6).

Data Satuan Lalu Lintas Polres Tomohon mengungkap hingga Mei 2017 ini sudah terjadi 52 kasus lakalantas. Dari jumlah itu sudah ada 7 orang meninggal dunia. Ditambah 4 korban luka ringan, dan 70 korban luka berat.

Kata Dotulong, khusus korban lakalantas meninggal dunia, disebabkan karena faktor manusia atau lalai dalam berkendara.

"Faktor manusia ini memang sering kali menyebabkan lakalantas, sebab itu dibutuhkan kewaspadaan," ujarnya.

Miras juga menjadi satu di antara faktor manusia yang cukup mempengaruhi angka lakalantas. "Hindari minum minuman keras saat berkendara, ini menjadi penyebab lakalantas. Jika mengantuk sebaiknya berhenti dulu, ujarnya.

Penting dalam berlalu lintas untuk memperhatikan rambu-rambu dan aturan di jalan.

Faktor kendaraan lanjut Dotulong harus pula diperhatikan. Sebelum berkendara pastikan betul kendaraan dalam kondisi maksimal.

Selain itu, cuaca saat ini sering tidak menentu. Jika hujan sebaiknya lebih memperhatikan laju kendaraan. Jalan licin berpotensi menyebabkan lakalantas. Begitu pun tanah longsor bagi pengemudi yang hendak melintasi jalan Manado-Tomohon, agar lebih waspada.

"Tak kalah penting, jika ingin bepergian selalu awali dengan doa," pungkasnya. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help