TribunManado/

Setiap Tahun, Umat Kristen di Kecamatan Nuangan Ikut Pawai Takbiran dengan Umat Muslim

Umat Muslim dan Kristen di desa Jiko Utara, Kecamatan Nuangan tiap tahun gelar pawai Takbir bersama.

Setiap Tahun, Umat Kristen di Kecamatan Nuangan Ikut Pawai Takbiran dengan Umat Muslim
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN KAGANSA
malam takbiran di Manado. Foto ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN- Umat Muslim dan Kristen di desa Jiko Utara, Kecamatan Nuangan tiap tahun gelar pawai Takbir bersama.

Menyambut hari raya Idul Fitri, umat Muslin selalu mengelar pawai Takbir. Kegiatan ini rutin dilakukan dengan mengelilingi beberapa kampung. Namun kegiatan tersebut juga diikuti umat Kristiani.

"Kegiataan ini selalu diadakan tiap tahun dalam menyambut Idul Fitri. Hal tersebut sudah dilakukan sejak 2008," ujar Sangadi Desa Jiko Utara, Sangadi Max Wil Tempone, Rabu (21/6).

Kata Max, tahun 2008 umat muslim di desa Jiko Utara baru delapan kepala keluarga, sisanya Kristen. Awalnya mereka takut merayakannya, karena berada di lingkungan dengan penduduk beragama Kristen.

"Saya yang terlebih dulu, mempunyai ide. Memerintakan umat Kristen untuk naik ke mobil, lalu laksanakan takbir bersama umat muslim," kata Sangadi Max.

Lanjutnya, semua warga di Kecamatan Nuangan kaget, melihat keikutsertaan umar Kristen membaur bersama dalam takbir. Mulai saat itu kerukunan umat beragama di Jiko Utara terjalin.

Mulai dari kegiatan gotong-royong membagun Masjid dan gereja. Hingga kebiasaan dalam kehidupan setiap hari-hari.

"Kami membuat suatu rukun namanya Sengkanaung (persatuan) setiap hari raya umat apakah kristen atau muslim saling bertukar kue," kata dia.

Tambah Max, umat Muslin awalnya delapan kepala keluarga, kini sudah 18 kepala keluarga. Mereka harus jalan kaki sembilan kilometer untuk bersembayang.

"Maka saya serta tua-tua kampung memutuskan untuk membangun Masjid tahun 2002, sebab kasihan kepada mereka yang jauh beribadah," kata Sangadi yang juga Ketua pembangunan Masjid Hamud Qoyid Al Adawany

Halaman
12
Penulis: Vendi Lera
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help