TribunManado/

Maskapai Belum Melakukan Penambahan Penerbangan

Maskapai penerbangan yang membuka rute dari dan ke Manado sampai saat ini belum ada penambahan extra flight.

Maskapai Belum Melakukan Penambahan Penerbangan
flightsnation.com
Maskapai Garuda Indonesia. foto ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Maskapai penerbangan yang membuka rute dari dan ke Manado sampai saat ini belum ada penambahan extra flight. Semua pengguna jasa penerbangan masih bisa terlayani oleh penerbangan yang ada saat ini.

"Untuk Lebaran 2017, sampai dengan saat ini belum ada penambahan penerbangan dari maskapai yang beroperasi di Manado," ujar PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Samrat, Erik Susanto, Senin (19/6/2017).

Susanto menambahkan dehingga jumlah penerbangan reguler domestik yg beroperasi di Bandara Sam Ratulangi masih sejumlah 7 maskapai dan 19 destinasi.

Untuk itu saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jasa angkutan udara.

Selama periode Lebaran secara total pihaknya memperkirakan pertumbuhan pergerakan penumpang sebesar 5 persen dibanding periode mudik Tahun 2016. Sementara untuk pergerakan pesawat diperkirakan tumbuh sebesar 14 persen dan kargo juga tumbuh 7 persen.

"Puncak arus lebaran biasanya pada H-3 dan H+3. Untuk itu komunikasi antara pihak terkait selalu kami lakukan untuk monitoring arus lalu lintas khususnya penumpang yang akan menuju bandara. semua unsur yang terlibat penyelenggaraan angkutan lebaran di bandara telah siap memberi yang terbaik bagi masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, kesiapan bandara menyambut Bulan Suci Ramadhan sudah nampak dengan berbagai aksesoris dan dekorasi dengan nuansa Ramadhan serta aktivitas pembagian takjil yang memudahkan para pengguna jasa berbuka puasa.

Selain itu, koordinasi teknis dengan kepolisian serta kementerian perhubungan dalam memantau kelancaran akses menuju dan dari bandara juga intens dilaksanakan. Alat produksi terutama yang terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan terus dipastikan kesiapannya untuk melayani pengguna jasa yang terbang dari dan ke Manado.

Serangkaian aktivitas yang sudah dilakukan menurut Susanto adalah pekerjaan rubber deposit atau pembersihan sisa karet ban pesawat yang menempel di landasan.

memastikan fasilitas listrik genset siap untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan listrik, menyiapkan contact person personil Posko, koordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara hingga pengujian kekesatan landasan oleh Balai Teknik Penerbangan pun sudah dilakukan,” ungkapnya. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help