TribunManado/

Renungan Minggu

RENUNGAN MINGGU : Pendidikan Berawal dari Keluarga

Gereja akan bertumbuh, jika kehendak Tuhan disampai-sampaikan atau diajar-ajarkan terlebih dahulu dalam keluarga.

RENUNGAN MINGGU : Pendidikan Berawal dari Keluarga
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Pdt Marco Wagey M.Th

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kalimat falsafah dari Dr Sam Ratulangi 'Si tou timou tumou tou' artinya orang hidup untuk menghidupkan orang.

Falsafah orang Minahasa ini tentunnya ada kaitannya dengan dunia pendidikan yaitu bagaimana mau menghidupkan manusia dengan pendidikan.

Bicara soal pendidikan itu bukan hanya bicara soal intelligence quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual tetapi juga bicara soal karakter dan gaya hidup.

Kita sering mendengar bahwa lebih tinggi pendidikan yang ditempuh seseorang, dia semakin berkarakter.

Lukas 2 : 41-52 adalah cerita mengenai awal dari kehidupan Yesus yang tampil di depan umum pada usia 12 tahun. Dalam klasifikasi usia masih tergolong anak-anak yang mau masuk remaja.

Tetapi peran Yesus melebihi peran orang dewasa. Lukas 2:40 menggambarkan bagaimana pertumbuhan Yesus secara fisik dan rohani. "Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat dan kasih karunia Allah ada padanya".

Pertumbuhan Yesus yang menakjubkan ini sebenarnya tidak terlepas dari peran Yusuf dan Maria yang mendidik dan membesarkan Yesus.

Hal ini disebabkan karena Yesus adalah amanat ilahi dari Allah kepada Yusuf dan Maria.

Kepekaan Yusuf dan Maria sebagai orang tua yang taat kepada agamanya yaitu tiap tahun orangtua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya paskah.

Menurut ketentuan agama Yahudi laki laki dewasa setidaknya tiga kali setahun setidaknya ikut serta dalam perayaan besar. Tetapi orang-orang yang jauh tinggalnya seperti Yusuf dan Maria hanya setahun sekali yaitu pada hari raya Paskah.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help