TribunManado/

Lombok: Kerja DKPP Cepat, Tepat dan Efisien

Kinerja DKPP daerah yang mengedepankan bekerja secara cepat, tepat, efisien untuk mengangkat marwah pelaksanaan pemilu.

Lombok: Kerja DKPP Cepat, Tepat dan Efisien
ISTIMEWA

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Prof DR Jan Lukas Lambertus Lombok SH MH Rektor Universitas Negeri Manado di Tondano (Unima) periode 1999-2008 memaparkan kinerja sepanjang 2016-2017 di hadapan dewan kehormatan penyelenggara pemilu pusat Jumat, (9/6).

Rilis yang diterima Tribun Manado Sabtu (10/6), Lombok kini sebagai anggota DKPP daerah provinsi Sulut dipilih dari berbagai tokoh masyarakat, lewat mekanisme yang sudah ditetapkan.

Dalam pemaparan tersebut menyampaikan bahwa pada tahun 2016 merupakan tahun meningkatnya eskalasi laporan penyelenggaraan sebagaimana pelaksanaan pemilukada yang telah menghasilkan pemimpin daerah di Sulawesi Utara.

"Saya menekankan bagaimana kinerja DKPP daerah yang mengedepankan bekerja secara cepat, tepat, efisien untuk mengangkat marwah pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil bagi semua," ucap Lombok.

Lanjut dia,  dalam segala basis keilmuan yang kuasai pihakanya berupaya sekuat tenaga untuk menunjukkan etika pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan sehingga masyarakat pula bisa merasakan keadilan, every vote counts and very valuable, dimulai dari profesionalisme penyelenggaa pemilu yang benar.

"Benar harus berdiri di tengah sebagai wasit, dan jangan coba-coba menjadi 'player', kualitas penyelenggaraan sebagai jaminan memilih pemimpin yang ideal," kata dia.

Menurutnya,  apa yang dilakukan oleh pihaknya sebagai bentuk pertahanan terakhir dan jaminan bahwa segala bentuk penyimpangan tidak dapat di tolerir sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Tentu saja bila laporan itu bersifat fitnah kita akan sangat hati hati, tapi yang terpenting ialah mengkaji dengan baik sehingga berbagai pengaduan dapat ditindak lanjuti sepenuhnya sesuai ketentuan, penyelenggara pemilu harus imun dari segala bentuk pendekatan dan upaya penyimpangan, ini akan mengembalikan citra positif reputasi perpolitikan indonesia, selanjutnya biarkan masyarakat menilai kinerja kami dan kinerja hasil produk demokrasi yang telah masyarakat pilih," terangnya.

Dalam menghadapi Pilkada 2018 di enam kota/kabupaten di Provinsi Sulut dia mengingatkan hendaknya belajar dari kasus-kasus yang terjadi  sebelumnya.

"Ini kerja bersama, kita upayakan hasil yang terbaik bagi masyarakat," tandasnya.(rilis)

Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help