TribunManado/

RSUD Mitra Sehat Segera Beroperasi Tahun Ini

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Sehat akan segera beroperasi, hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)

Liputan Wartawan Valdy Vieri Suak

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Sehat akan segera beroperasi, hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Rinni Tamuntuan, Selasa (06/06). "Ya dalam waktu dekat akan segera dioperasikan, yang jelas tahun ini tak akan lewat," akunya.

Menurutnya saat ini RSUD tersebut sudah dalam tahap penyelesaian. "Untuk bangunan sebagain besar sudah dikerjakan, tinggal halaman parkir kendaraan usai itu dioperasikan," akunya.

Untuk proses awal pembukaan nantinya pihak RSUD baru akan melayani rawat jalan. "Kita akan lakukan bertahap, sesuai jumlah tenaga medis. Pelayanan lebih lama akan lebih ditingkatkan tapi tetap untuk awal baru rawat jalan saja belum inap," ujarnya.

Belum adanya pelayanan rawat inap saat awal pengoperasian dikarenakan tenaga medis akan ditempatkan secara bertahap. "Sehingga proses pelayanan juga akan dilakukan secara bertahap," ucap Tamuntuan.

Untuk alat kesehatan sendiri yang akan ditempatkan di RSUD tersebut sebagian sudah siap. "Tinggal beberapa alat yang akan disesuaikan dengan tenaga ahli yang akan di rekrut nanti," ungkapnya.

Menurutnya untuk tenaga ahli sudah diajukan ke Kementrian Kesehatan. "Kita juga ajukan proposal ke pusat Rp 50 Miliar. Kita harapkan diakomodir di APBD tahun ini," jelasnya.

Sementara itu kehadiran RSUD tersebut sudah dinantikan warga Mitra. "Daerah kami jauh dari Rumah Sakit. Kalau rumah sakit itu sudah selesai pasti akan lebih dekat untuk dapat pelayanan kesehatan," ujar Norma Lonsung warga Tombatu.

Ia pun berharap kedepan dengan adanya RSUD tersebut akan mempermudah masyarakat. "Kami kan juga tak harus ke Manado dan ke Rumah Sakit daerah lain. Yang penting tenaga dan pelayanan di daerah kita maksimal," tandasnya. (Val)

Penulis: Valdy Suak
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help