TribunManado/

Permintaan Semangka Meningkat di Bulan Puasa, Jumadi Jual 30 Buah Sehari

Bulan ramadan ini memang membawa berkah bagi penjual semangka. Baik pengecernya maupun petaninya. Permintaan semangka saat Ramadan memang naik.

Permintaan Semangka Meningkat di Bulan Puasa, Jumadi Jual 30 Buah Sehari
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Permintaan buah semangka meningkat di saat puasa. Tampak lapak penjualan semangka di Lolak, Bolaang Mongondow 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Buah semangka menghiasi sejumlah titik di Kecamatan Lolak, sejak Ramadan tiba. Lapak pedagang tampaknya menjamur, dibandingkan dengan hari biasanya.

Ada penjual buah dadakan yang menjajakkan semangkanya di pinggir jalan raya trans Sulawesi menuju Bolaang Mongondow Utara. Lapak seadanya dengan tumpukan semangka berbagai ukuran.

Bulan ramadan ini memang membawa berkah bagi penjual semangka. Baik pengecernya maupun petaninya. Permintaan semangka saat Ramadan memang naik berlipat-lipat.

Tak heran, banyak lapak semangka dadakan maupun lapak yang menjual semangka setiap hari sepanjang tahun. Mereka pun tetap menambah stok karena permintaan tinggi di bulan puasa.

Jonathan Ratu, petani semangka dari Desa Tandu mengatakan, Ia biasanya menanam semangka agar bertepatan dengan Ramadan.

"Permintaannya tinggi memang tapi di pasar banyak harganya juga susah untuk tinggi," ujarnya.

Harga semangka dihitung per kilogram, tergantung kondisi pasar. Maksimal harga Rp 2.500. Jika sedang murah bisa hanya Rp 1.000 per kilogram.

"Rata-rata Rp 1.500 per kilogram. Kan itu mereka jual lagi. Kalau ambil ke kita begitu. Semangka bisa sampai sepuluh kilo. Biasanya ada di enam dan tujuh. Kalau kecil hanya tiga kilo," ujarnya.

Pedagang semangka lainnya, Jumadi mengaku rata-rata per hari bisa menjual 30 buah semangka, selama ramadan ini. Warga Lalow ini hanya penjual musiman.

"Sejauh ini mungkin ada 30 buah per hari. Harganya beda-beda, tergantung berat semangka. Ada yang hanya Rp 10 ribu, ada yang bisa sampai Rp 20 ribu," ujarnya. 

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help