TribunManado/

Antusias Ikut Parade Pancasila di Tengah Guyuran Hujan, Siswa SD di Manado Teriakan Ini

Peserta parade hadir dari berbagai kalangan ambil bagian dalam kegiatan yang dimulai dari jembatan Soekarno hingga finis di lapangan Basket Megamas.

Antusias Ikut Parade Pancasila di Tengah Guyuran Hujan, Siswa SD di Manado Teriakan Ini
Pancasila

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski hujan mengguyur tak menyurutkan semangat peserta parade Pancasila dalam rangka aksi bela negara, di Manado pada Sabtu (3/6/2017).

Peserta parade Pancasila hadir dari berbagai kalangan ambil bagian dalam kegiatan yang dimulai dari jembatan Soekarno hingga finis di lapangan Basket Megamas.

Tampak puluhan siswa SDN 124 Manado mampu mencapai garis finis sepanjang 1,4 kilometer. Mereka tampak antusias meneriakkan yel-yel. "Saya Pancasila, Saya Indonesia, NKRI harga Mati," teriak mereka.

Wakil Kepala Sekolah SDN 124 Manado Jeffry Moningka mengatakan, keikutsertaan anak didiknya sebagai wujud mempertahankan NKRI, ditengah bangsa Indonesia dicecar dengan upaya perpecahan oleh pihak tak bertanggung jawab.

"Dengan semangat pertahankan NKRI, kami sampaikan kepada anak didik untuk mengikuti kegiatan ini," tutur Moningka.

Katanya, melalui parade Pancasila tersebut, keutuhan NKRI bisa terjaga ditengah keberagaman agama, kepercayaan dan adat istiadat.

"Kalau tidak ada persatuan akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti akhir-akhir ini," ucapnya.

Rocky Wowor, Ketua panitia Parade Pancasila mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai momentum mengembalikan Pancasila dari sikap intoleran yang ingin menganti ideologi tersebut.

"Lewat aksi ini, kita tunjukan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa dan terus menggaungkan setia pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," terangnya.

Ketua Jaringan Bela Negara Provinsi Sulut ini menungkapkan masyarakat sangat antusias berpartisipasi sehingga peserta melampaui yang ditargetkan. Sebab 20 ribu kaos habis dibagikan kepada peserta.

"Selain parade Pancasila, jaringan bela negara pada 19 Desember 2017 akan melaksakan puncak peringatan hari bela negara melibatkan 100 ribu orang," ungkapnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help