Jaksa Banding Lantaran DR Hanya Divonis 1,5 Tahun Penjara

Kejaksaan Negeri Tondano mengajukan banding putusan Pengadilan Tipikor Manado terhadap DR, terdakwa kasus DAK.

Jaksa Banding Lantaran DR Hanya Divonis 1,5 Tahun Penjara
Net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Kejaksaan Negeri Tondano mengajukan banding putusan Pengadilan Tipikor Manado terhadap DR, terdakwa kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Minahasa tahun 2012.
"Kami sudah ajukan banding terhadap putusan tersebut dan berkas memori banding atas nama DR kami sudah ajukan (ke Pengadilan Tinggi) pada 16 Mei 2017," kata Pasaroan Simorangkir, Kasi Datun Kejari Minahasa, Rabu (31/5).

Dia menjelaskan, alasan dilakukan banding terhadap lantaran jaksa penuntut umum tidak puas dengan putusan yang ditetapkan oleh Pengadilan Tipikor Manado karena dianggap terlalu rendah.
"Kami dari jaksa penuntut merasa tidak puas dengan keputusan tersebut karena tidak mencapai dua per empat dari jumlah tuntutan jaksa penuntut," kata dia.

Pada pengadilan tersebut, DR yang menjadi terdakwa utama dituntut oleh JPU dengan 3,6 tahun penjara, namun hakim memutuskan dengan hukuman 1,5 tahun.
"Tuntutan tersebut terlalu rendah karena perkara korupsi masuk pada kategori perkara penting, dan sudah sesuai dengan standart operating prosedure (SOP/prosedur operasi standar) kami," ujar dia.

Dalam berkas memori banding tersebut ada dua nama terdakwa, lantaran memang berkas kasus tersebut satu paket. "Satu ini kan yang memerintahkan, sementara yang satunya lagi membantu, jadi putusannya beda, tapi karena dalam satu berkas sehingga satunya ikut, cuma tinggal lihat nanti hasil persidangannya," ujar dia.
Sekarang Kejari sementara menunggu untuk dilakukan persidangan banding tersebut apakah diterima atau tidak. *

STORY HIGHLIGHTS
* Berkas memori banding atas nama DR sudah ajukan pada 16 Mei 2017
* DR dituntut oleh JPU dengan 3,6 tahun penjara, namun hakim memutuskan dengan hukuman 1,5 tahun

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help