TribunManado/

Pemprov Sulut Persiapkan Agenda Safari Ramadan 2017

Marhaban ya Ramadan. Puasa di Bulan Ramadan 2017 telah dimulai umat muslim diseluruh Dunia tengah termasuk Sulawesi Utara.

Pemprov Sulut Persiapkan Agenda Safari Ramadan 2017
CHRISTIAN WAYONGKERE
Wagub Sulut (kiri) 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO- Marhaban ya Ramadan. Puasa di Bulan Ramadan 2017 telah dimulai umat muslim diseluruh Dunia tengah termasuk Sulawesi Utara.

Memperingati itu pemerintah Provinsi Sulut sudah menyusun agenda kegiatan festival atau safari Ramadan 1438 H, dimana akan dimulai pada tanggal 3 Juni 2017.

"Safari ramadan akan diawali di Kota Manado akan menghadirkan Ulama dari Jakarta sebagai peneramah serta sesuai agenda nantinya akan turut serta hadir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri," kata Steven Kandouw wakil Gubernur Sulut.

Untuk ituah pihaknta telah melakukan persiapkan mulai dari rapat dan lainnya. Juga integrasi kunjungan tamu-tamu dari luar daerah untuk safari Ramadhan akan  disiapkan.

"Pada momen itu Ibu Megawati juga akan ikut buka puasa bersama tanggal 3 Juni 2017 sesuai rencana di Kota Manado, sedang dicari lokasi yang pas untuk agenda buka puasa bersamanya bersama masyarakat Muslim,” terangnya.

Selain itu, Gubernur melalui Wagub berpesan untuk kiranya masyarakat Sulawesi Utara menjaga kerukunan dan saling menghormati serta keamanan bersama di Bumi Nyiur Melambai ini.

“Tidak hanya kewajiban dari saudara-saudara Muslim, namun kita juga (non Muslim,red) berkewajiban bersama menjaga kekhusyuan selama bulan puasa ini,” himbaunya.

Senada itu melalui Pengurus Hari-hari Besar Islam (PHBI) Sulut akan menggelar Festival Ramadhan 1438 Hijriyah/2017 Masehi. Gelaran akan dimulai 27 Mei 2017, dan dipusatkan di Lapangan Masjid Besar Nurul Huda Ketang Ternate Baru Manado.

Dalam pertemuan antara Pemprov yang diwakili Asisten II Rudy Mokoginta, pengurus PHBI Sulut bersama ivent organizer (IO) pelaksana kegiatan, telah metetapkan 12 agenda kegiatan sepanjang Bulan Ramadhan hingga pelaksanaan Idul Fitri di bulan Juli.

Dimana kegiatan yang telah dijadwalkan selama Festival Ramadhan diantaranya, Festival Kuliner Buka Puasa, Festival Tilawatil Quran, Pasar Murah, Bazaar, Tadarus Alquran Akbar 1.000 jamaah, Sahur Bersama, Peringatan Nuzulul Quran, Salat Tarawih Keliling di Instansi Pemerintah dan Swasta, Pawai Takbiran, Pencanangan Kampung Wisata Religius, Salat Idul Fitri, serta Pembentukan Pasukan Pengamanan Hari-hari Besar Islam (Pas-Pam PHBI).

Ketua Umum PHBI Sulut Hi. Syahrul Poli, menjelaskan, sebelum seluruh rangkaian agenda yang digelar bersama Dinas Pariwisata Sulut ini dilaksanakan, akan ada gelaran acara pembukaan pada tanggal 3 atau 4 Ramadhan, di panggung utama di Lapangan Masjid Besar Nurul Huda Ketang Ternate Baru.

“Pembukaannya direncanakan akan dibuka oleh Ibu Gubernur, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan,” kata Syahrul.

Selain itu kegiatan Festival Kuliner Buka Puasa sudah dimulai sejak 1 Ramadhan atau 27 Mei, diikuti para pedagang takjil buka puasa di Kota Manado dan akan berlangsung hingga hari ke-17 Ramadhan.

“Selain mempererat silaturahmi juga tujuannya untuk meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakat, khususnya pedagang takjil. Nantinya juga akan ada penilaian kualitas pelayanan, kualitas rasa, dan penilaian atas kebersihan. Pemenang sudah disediakan hadiah total 25 juta,” tutup Syahrul.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help