Buang sampah Sembarangan di DAS Tondano Pengaruh Pasokan Air PT AM

Masalah sampah harus diperangi bersama karena dampaknya semua masyarakat merasakan," ucapnya kepada Tribun Manado Senin (22/5).

Buang sampah Sembarangan di DAS Tondano Pengaruh Pasokan Air PT AM
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
foto ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Direktur Perusahaan Air PT Air Manado Otniel Kojansow meminta kerja sama yang baik kepada masyarakat untuk tidak sembarang buang sampah di Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Masalah sampah harus diperangi bersama karena dampaknya semua masyarakat merasakan," ucapnya kepada Tribun Manado Senin (22/5).

Air sungai adalah sumber bahan baku proses pengolahan air bersih yang diproduksi dan di distribusikan ke masyarakat.

Menurutnya, saat ini tingkat kekeruhan air sungai disertai hamparan sampah rumah tangga mengganggu debet air yang disedot melalui pompa Inteke PT AM Manado. 

Kondisi ini sangat memprihatinkan karena sampah plastik dan kumpulan gelas-gelas air mineral tertahan pada saringan kawat pintu air masuk Instalasi pengolahan air bersih.  

"Dari pantauan di lapangan dengan penuh penyesalan ketika melihat kondisi air keruh yang walaupun tidak hujan tapi begitu banyak sampah hanyut," jelas Otniel.

Humas PT Air Manado Joshua Rantung mengharapkan masyarakat menyadari betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan, semua kita  termasuk steckholder dihimbau menjaga dan melestarikan lingkungan didalamnya ada air atau sungai yang menjadi sumber hayat hidup.

Jangan ada lagi masyarakat yang buang sampah disungai.

"Mari ciptakan lingkungan DAS yang bersih bebas sampah agar Kota Manado semakain memperlihatkan kota destinasi parawisata sesuai program Pemerintah," tutup Rantung. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved