TribunManado/
Home »

Techno

» News

Malware: Dari Memata-matai Hingga Minta Tebusan

Lalu apa, sih, perbedaan dengan malware lainnya. Panasaran? Ayo kita cari tahu

Malware: Dari Memata-matai Hingga Minta Tebusan
tribun manado
ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dunia sempat diguncang serangan WannaCry ransomeware. Lebih dari 230 ribu komputer di 150 negara terkena serangan program jahat ini.

WannaCry mulai menyerang pada 12 Mei lalu. Beberapa negara yang dilaporkan paling parah terkena serangan adalah Rusia, Ukraina, India, dan Taiwan.

Beberapa institusi yang terkena adalah pelayanan kesehatan Inggris, Telefonica di Spanyol, FedEx, hingga Deutsche Bahn di Jerman. Bahkan di RS Dharmais di Indonesia pun terkena.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara pun sampai-sampai mengingatkan seluruh intsansi yang menggunakan jaringan waspada.

Nah, guys, WannaCry adalah malware jenis ransomeware. Lalu apa, sih, perbedaan dengan malware lainnya. Panasaran? Ayo kita cari tahu

Malware
Kita mulai dari malware. Malware kepanjangan dari malicious software. Program ini bertujuan untuk mengganggu sistem komputer ataupun software yang tidak diinginkan oleh pengguna.

Sebelum muncul istilah malware, program ini lebih dikenal virus komputer.

Awalnya, malware digunakan untuk menjahili pengguna atau sebagai program eksperimen. Nah, sekarang kerap digunakan 'black hat hacker' untuk mencuri informasi.

Malware ini mencakup seluruh program yang mengganggu pengguna seperti virus komputer, computer worm, ransomware, adware, spyware, dan scareware.

Malware pertama yang dikenal adalah Creeper pada tahun 1971, sejenis internet worm yang berjalan pada Sistem Operasi Tenex yang menyebar di ARPANET (sekarang dikenal sebagai Internet).

Halaman
123
Editor: Edi_Sukasah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help