TribunManado/

Wujudkan Tertib Administrasi, Disdukcapil Bolsel Gandeng Kemenag Sampaikan Pedoman Perkawinan

Telah dilaksanakan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil, di gedung Moonow Kecamatan Pinolosian.

Wujudkan Tertib Administrasi, Disdukcapil Bolsel Gandeng Kemenag Sampaikan Pedoman Perkawinan
IST
Buku nikah 

Laporan wartawan Tribun Manado Felix Tendeken 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU -  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan.

"Kita lakukan lewat sosialisasi di kecamatan dan desa - desa," kata Kepala Disdukcapil Bolsel, Gunawan Otu, Sabtu (20/5) disela aktifitasnya.

Kata dia, pada hari Rabu (17/5) kemarin telah dilaksanakan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil, di gedung Moonow Kecamatan Pinolosian.

Dalam sosialiasi tersebut, pihaknya menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) Bolsel, untuk menyampaikan pedoman perkawinan yang sah menurut agama dan pemerintah.

"Tujuannya, untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil," kata Otu.

Kata dia dengan demikian, maka masyarakat akan paham petingnya perkawinan yang sah di mata agama dan pemerintahan guna terbitnya buku nikah.

"Pasutri (Pasangan suami istri) yang tidak mendaftarkan pernikahan, dinilai tidak sah dimata pemerintah dan buku nikah tidak bisa diterbitkan," jelas Otu.

"Nah, ini akan menjadi kendala dalam pengurusan administrasi kependudukan karena tidak bisa memenuhi persyaratan," tambahnya.

Menurut dia, buku nikah menjadi satu diantara berkas penting sebagai persyaratan kelengkapan dokumen dalam pengurusan semua administrasi kependudukan. 

Halaman
12
Penulis: Felix Tendeken
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help