TribunManado/

AS dan Arab Sepakat Kerja Sama Bisnis Miliaran Dolar AS

Trump dan istrinya Melania disambut di ibu kota Arab Saudi oleh Raja Salman pada Sabtu (20/05) pagi waktu setempat.

AS dan Arab Sepakat Kerja Sama Bisnis Miliaran Dolar AS
TRIBUN/HO
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud (kiri) didampingi Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko PMK Puan Maharani (kanan) di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017). Raja Arab Saudi tersebut menyatakan kekagumannya kepada sosok Bung Karno saat berbincang dengan Puan yang sempat dipanggilnya langsung dalam upacara kenegaraan penyambutan Raja Salman. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kesepakatan senilai milliaran dolar antara AS dan Saudi Arabia akan ditandatangani dalam kunjungan luar negeri pertama Presiden AS Donald Trump yang dimulai di Riyadh.

Trump dan istrinya Melania disambut di ibu kota Arab Saudi oleh Raja Salman pada Sabtu (20/05) pagi waktu setempat.

Dalam perjalanan selama delapan hari ini, Trump juga akan mengunjungi Israel, wilayah Palestina, Brussels, Vatikan dan Sisilia.

Kesepakatan yang akan ditandatangani mengenai kerja sama persenjataan dan perusahaan energi raksasa Aramco yang diperkirakan mencapai $150 milliar atau RP 1.999 trilliun.

Pada Sabtu pagi, kepala eksekutif Aramco, Amin Nasser, mengatakan kesepakatan senilai $50 milliar dolar AS atau RP 666 trillun akan ditandatangani dengan 11 perusahaan AS. Kesepakatan ini merupakan bagian dari upaya Saudi untuk mengurangi ketergantungan ekonomi pada minyak.

Presiden Trump akan melawat ke Arab Saudi, Israel dan Vatikan
Ketetapan baru Trump terkait larangan masuk warga negara Muslim kembali terjegal
Gedung Putih bantah serangan ke Yaman menewaskan warga sipil
Media AS melaporkan Arab Saudi akan berkomitmen untuk membeli senjata buatan AS senilai $100 milliar dolar AS atau RP1.333. trilliun.

Arab Saudi tengah memerangi pemberontak Houthi di Yaman sejak Maret 2015 lalu. PBB menyebutkan 10.000 orang tewas sejak pertempuran dimulai dan menyebabkan negara itu diambang kelaparan.

Kunjungan ini dilakukan ketika Trump menghadapi kritik karena memecat Direktur FBI James Comey.

Trump ditemani oleh anak tertuanya Ivanka, penasihat Gedung Putih yang tidak dibayar, dan suaminya Jared Kushner, seorang anggota utama kabinet Trump.

Seperti Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam kunjungan terakhirnya ke Arab Saudi, Melania dan Ivanka Trump tidak menggunakan kerudung.

Halaman
12
Editor: Ribut_Raharja
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help