TribunManado/

Sahrul : Jangan Tunda Menanam

"BMKG telah memperingatkan awal Juli sudah masuk musim panas. Jangan tunda menanam,"

Sahrul : Jangan Tunda Menanam
FINNEKE WOLOJAN
Panen Padi di Bolmong

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Penyaluran bantuan padi, jagung dan kedele oleh Dinas Pertanian Bolaang Mongondow mencapai 60 persen dari total 3.618 kelompok penerima benih.

"Kami menargetkan sisa 40 persen rampung Juni nanti. Kami sementara mengejar itu," ujar Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian Sahrul Dosa, Kamis (18/5/2017).

Dinas Pertanian mengimbau kepada seluruh kelompok yang menerima agar menanam secepatnya.  Sehingga perkembangan produksi padi, jagung kedelai maksimal.

"Ini untuk mengantisipasi musim panas nanti pada Juli dan Agustus. Sebab BMKG telah memperingatkan awal Juli sudah masuk musim panas. Jangan tunda menanam," tuturnya.

Produksi padi dan jagung  masih tergolong banyak di Bolmong. Namun, petani Bolmong mulai meninggalkan kedelai karena kurangnya minat pasar.

"Sekitar 1988 hingga 2010, kedelai masih eksis. Ada  kebun kedelai yang tersebar di sembilan kecamatan di Bolmong sekitar 350 hektar," ujarnya.

Data terakhir tahun 2016, luas tanam kedelai 3.096 hektar, luas panen 3.847 hektar dan produksi mencapai 4.993 ton.

"Kedelai memang berbeda jauh dengan jagung dan padi di Bolmong, yang pasarannya menjanjikan di Bolmong. Harga sudah bagus, pasaran tak rumit," tuturnya.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help