TribunManado/

Perambahan Hutan Ancam Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Kasus illegal logging dan perambahan kawasan hutan merupakan tindak pidana kehutanan yang paling sering terjadi di kawasan TNBNW.

Perambahan Hutan Ancam Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Suasana rapat koordinasi penanganan tindak pidana kehutanan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Rabu (17/5/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Penegak hukum di Bolaang Mongondow sepakat untuk saling mendukung dan memperkuat penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan yang terjadi di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dan sekitarnya.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi pihak terkait dalam menangani tindak kejahatan kehutanan di Balai TNBNW, Rabu (17/5/2017) di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Kepala Balai TNBNW Noel Layuk Allo mengatakan, koordinasi tersebut untuk mempercepat proses penindakan kejahatan kehutanan yang terjadi dalam kawasan TNBNW agar memberi efek jera pada para pelaku.

Kasus illegal logging dan perambahan kawasan hutan merupakan tindak pidana kehutanan yang paling sering terjadi di kawasan TNBNW. Selain itu, kasus perburuan dan perdagangan satwa liar dilindungi juga masih kerap terjadi.

"Baik yang diburu dalam kawasan, maupun di luar. Kawasan ini juga menghadapi ancaman penambangan emas tanpa izin dan kebakaran hutan," ujarnya.

Pihak kepolisian Bolmong dan Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi sebagai pihak berwenang dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pidana kehutanan juga menyatakan kesiapannya.

"Pihak kejaksaan dan pengadilan juga menyatakan kesiapannya untuk mempercepat proses penuntutan dan pengadilan setiap tindak pidana kehutanan. Bahkan jika Balai TNBNW dan BKSDA membutuhkan personel, Kodim 1303 Bolmong siap mendukung," jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan E-PASS Bogani Nani Wartabone dan Balai TNBNW. Dihadiri Polres Bolmong, Kejaksaan Negeri Kotamobagu, PN Kotamobagu, BPPHLHK Sulawesi, BKSDA Sulut, Kodim 1303 Bolmong.

Rapat ini untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi antar aparat penegak hukum serta berbagi pengalaman dan informasi antar pihak dalam upaya menurunkan intensitas kejahatan kehutanan di taman nasional dan sekitarnya.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help