TribunManado/

Tak Miliki Biaya Berobat, Robby Terpaksa Dipasung Ibunya

Dia harus mengikhlaskan kepergian suami dan kemanakannya yang baru berumur tiga minggu karena kondisi Robby yang sangat tidak labil pada saat itu.

Tak Miliki Biaya Berobat, Robby Terpaksa Dipasung Ibunya
TRIBUNMANADO/FIONALIS WATANIA
Robby Manampiring terpaksa dipasung karena mengalami gangguan kejiwaan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Robby Manampiring (39) warga Desa Paslaten, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) ini hanya jongkok di belakang rumahnya.  Ia sesekali menjawab pertanyaan Masye Tombokan, Ibunya.

Rantai yang mulai berkarat terpasang kakinya dan pohon besar. Robby terpaksa dipasung orangtuanya karena mengalami gangguan jiwa.

Masye menuturkan anaknya harus dirantai sejak lima tahun silam. Robby terserang penyakit malaria tropika hingga menganggu kejiwaannya.

"Dia sering memberontak kalau dilepas, menghancurkan barang. Sasarannya adalah orang terdekat," katanya, pada Rabu (17/5/2017).

Dia  harus mengikhlaskan kepergian suami dan kemenakannya yang baru berumur tiga minggu karena kondisi Robby yang sangat tidak labil pada saat itu.

"Saya sendiri hampir kena waktu amarahnya meledak," ungkapnya.

Kondisi  Robby kini mulai membaik, Ia mulai tenang. Masye pernah membawa anak sulungnya tersebut ke rumah sakit jiwa.

"Hanya dua bulan karena terkendala biaya. Saya tidak memiliki pekerjaan sedangkan suami kedua hanyalah berkebun," ujarnya.

Baca: Gangguan Jiwa Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan Lho

Masye tak sanggup membiayai resep obat untuk anaknya. Katanya, biaya yang ditanggung Kartu Indonesia Sehat (KIS) hanyalah makan dan perawatan inap. Biaya obat harus bayar sendiri.

"Tahun lalu, dinsos sudah memberikan bantuan  sembako. Kami harapkan bisa untuk obat yang dikonsumsi juga gratis. Sehingga meringankan biaya perawatan dan dia sembuh kembali," harapnya.

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help