TribunManado/

Tambah Satu Penderita, Dinkes Boltim Lakukan Pengasapan di Tutuyan Tiga

Penderita DBD sebanyak 43 kasus pada 2015, sebanyak 61 kasus pada 2016 dan sebanyak 19 kasus hingga Mei tahun ini.

Tambah Satu Penderita, Dinkes Boltim Lakukan Pengasapan di Tutuyan Tiga
TRIBUN MANADO/ALDI PONGE
Petugas dari Dinkes Boltim sedang mengasapi Desa Tombolikat pada 2016 silam 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TRIBUNMANADO.CO.ID,TUTUYAN-Nasrudin Dilapanga, warga Desa Tutuyan Tiga  Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim)  khawatir keadaan anaknya yang sudah seminggu panas badannya tidak sembuh.

"Awalnya, saya perkirakan panas biasa, hingga memutuskan bawa ke mantri, sudah berjalan tiga hari, tidak ada perubahan, maka memutuskan kembali lagi," ujar Nasrudin, Selasa (16/5/2017).

Kata dia, anaknya sudah dapat bermain pada siangnya. Namun, badan kembali demam pada malam harinya. Narsudin pun membawa Taufik anaknya ke  Puskesmas Tutuyan.

Dokter menyarankan anaknya segera dirujuk ke rumah sakit terdekat. Hasilnya pun positif menderita  Deman Berdarah Dengue (DBD) dan tipes. Anaknya mengalami penurunan badan satu kilogram dalam seminggu menderita DBD tersebut.

"Saya memang panik, melihat kondisi anak saya waktu itu," kata dia

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan serta wabah Dinas Kesehatan Boltim Sammy Rarung mengatakan, kasusnya penderita DBD tersebut telah ditindaklanjuti dengan melakukan pengasapan pada Selasa hari ini.

"Jadi radius 100 meter dari rumah penderita akan dilakukan Foging. Tim sudah melaksanakan pemeriksaan di rumah penderita," ujarnya.
 
Kata dia, fogging akan dilakukan sebanyak dua kali. DBD disebabkan oleh perubahan iklim dan perilaku hidup masyarakat.

Dinkes Boltim terus melakukan sosialisasi tentang menguras, menutup dan mengubur atau 3M melalui bantuan kader juru pemantau jentik yang tersebar di 80 desa di Boltim.

Data Dinkes Boltim, penderita DBD sebanyak 43 kasus pada 2015, sebanyak 61 kasus pada 2016 dan sebanyak 19 kasus hingga Mei tahun ini.

Penulis: Vendi Lera
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help