TribunManado/

Manurung Permudah Pendaftaran JKN-KIS

Warga yang ingin mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Manurung Permudah Pendaftaran JKN-KIS
tribun manado
Pimpinan Manajemen BPJS Cabang Minahasa melakukan konferensi pers di Tondano, Senin (15/5/2017). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Warga yang ingin mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini tidak perlu lagi repot datang ke kantor BPJS Kesehatan Tondano. Cukup mendaftar melalui sistem virtual center dengan menghubungi telepon care centre 1500-400.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tondano, Nora Manurung, Senin (15/5) mengatakan, layanan tersebut sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau yang ingin mendapatkan kemudahan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS.

Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta kategori bukan pekerja (BP).

Ia menambahkan, BPJS Kesehatan care center yang sebelumnya hanya berfungsi untuk pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial, maka saat ini dikembangkan fungsinya bisa untuk pendaftaran JKN-KIS dan perbaikan atau perubahan data kepesertaan.

Peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat, dan fasilitas kesehatan tingkat pertama.
Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri.

"Perubahan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang menjadi fokus utama BPJS Kesehatan tahun 2017, kami terus mengembangkan terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan," ujarnya.

Dia menjelaskan, hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon care center 1500-400 di antaranya nomor KK, NIK, nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor telepon genggam, alamat domisili atau tempat tinggal (untuk pengiriman kartu) dan alamat email. Untuk telepon dikenakan tarif telepon biasa.

"Kalau sudah siap calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan care center 1500-400, peserta akan dilayani oleh agent care center, rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan agen akan menjadi bukti pendaftaran, dan yang akan ditanyakan seputar data yang disiapkan," jelasnya.

Setelah agent care center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, nomor virtual account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta, setelah mendapatkan nomor VA. Peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.

"Pembayaran baru bisa dilaksanakan setelah 14 hari sebelum itu tidak bisa dilakukan, dan jika sudah bayar kartu langsung aktif dan bisa digunakan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help