TribunManado/

Kendalikan Hama Tanaman, Warga Talawaan Gunakan Bunga ini

Bunga-bunga tersebut menjadi tempat serangga netral yang menjadi musuh alami hama tanaman.

Kendalikan Hama Tanaman, Warga Talawaan Gunakan Bunga ini
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Hukum Tua Desa Talawaan, Minahasa Utara Christian Umboh 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

 TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Pemerintah dan warga Desa Talawaan Kabupaten Minahasa Utara melakukan aksi menanam bunga di areal persawahan, pada Selasa  (16/5/2017).

Hukum Tua Desa Talawaan Christiani Umboh mengatakan, mereka menanam bunga jenis refugia yakni bunga jengger ayam, tapak dara, dan bunga matahari. Bunga-bunga tersebut menjadi tempat serangga netral yang menjadi musuh alami hama tanaman.

"Bunga tersebut mengeluarkan nektar (sari bunga). Serangga yang hidup memakan hama yang menyerang padi dan sayuran," katanya.

Katanya, Desa Talawaan menjadikan program pertanian tersebut melalui laboratorium pengamatan hama dan penyakit tananaman.

"Kegiatan ini untuk membantu petani dalam  pengendalian hama dan penyakit tanaman padi secara alami," jelasnya

Dia mengatakan bunga tersebut akan menjadi pestisida organik bagi tanaman padi dan sayuran. Selain itu, bunga-bunga itu menjadi tanaman hias di persawahan

"Harapannya, semoga penanaman ini menjadi contoh bagi petani lainnya. Bibit ini disediakan oleh laboratorium pengamatan hama dan penyakit tanaman Talawaan," kata dia.

Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya menciptakan ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan pestisida bagi tanaman.

"Saat ini orang lebih suka organik. Desa Talawaan salah satu sentra produksi padi di Minut, ada lahan sawah sekitar 250 hektare di sini," ungkapnya.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help