TribunManado/

Imbal Hasil BPJS Ketenagakerjaan Rp 6 Triliun

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) mencatatkan kinerja imbal hasil investasi yang positif pada triwulan I 2017.

Imbal Hasil BPJS Ketenagakerjaan Rp 6 Triliun
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) mencatatkan kinerja imbal hasil investasi yang positif pada tiga bulan pertama tahun ini. Per Maret 2017, imbal hasil investasi BPJS Ketenagakerjaan mencapai Rp 6 triliun, naik 50% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja mengatakan, strategi pengelolaan dana dan kondisi pasar yang baik membuat imbal hasil masih positif.

"Hingga Maret 2017, total dana kelolaan BPJS Ketenagakerjaan mencapai Rp 269 triliun. Angka tersebut meningkat 19% dari realisasi tahun lalu," ujar Irvansyah, Senin (15/5).

Dalam keterangan resmi, Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Amran Nasution menjelaskan, sebagian besar dari dana kelolaan tersebut merupakan dana milik peserta BPJS Ketenagakerjaan atau disebut Dana Jaminan Sosial (DJS), hanya sebagian kecil yang merupakan aset BPJS.

"Dana yang kami kelola memang besar, tapi hampir 96% dana yang kami kelola merupakan DJS, bahkan 82% merupakan dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang seluruhnya akan dikembalikan kepada peserta. Dana riil BPJS sekitar Rp 9 triliun", jelas Amran.

Dari total dana kelolaan sebesar Rp 269 triliun, sebagian besar ditempatkan pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yaitu sebesar 52%, obligasi BUMN 9%, obligasi korporasi swasta 1%, saham 16%, deposito 14%, reksadana 7% dan investasi langsung 1%.

Sementara itu total investasi yang terkait dengan pemerintah (SBN,BUMN, dan BUMD) telah mencapai 86% dari total dana. Dengan racikan portofolio tersebut, hasil investasi yang dicapai pada triwulan I-2017 mencapai Rp 6 triliun dengan yield on investment (YoI) annualized mencapai 9,31%. Tahun ini, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan pencapaian dana kelolaan mencapai Rp 297 triliun.(ktn)

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help