TribunManado/

Hanny Sondakh Diusulkan jadi Nama Jalan ini

"Kami akan koordinasi dengan walikota untuk pemberian nama jalan. Apa memang ada keinginan dari walikota Bitung agar pemprov mengubah namanya,"

Hanny Sondakh Diusulkan jadi Nama Jalan ini
Tribun Manado
Pulau Lembeh merupakan pulau yang memiliki hutan manggrove yang luas, salah satu diantaranya ada di pantai Pasir Panjang Kahona, kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Lembeh Selatan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Ruas jalan lingkar Pulau Lembeh Kota Bitung diusulkan menggunakan nama mantan walikota Bitung Hanny Sondakh.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara Denny Hary Sumolang mengusulkan nama tersebut dalam rapat paripurna laporan hasil reses pertama pada 2017.

"Kami mengusulkan ruas jalan lingkar Pulau Lembeh diberi nama Hanny Sondakh," tutur anggota fraksi nurani untuk keadilan ini pada Selasa (16/5/2017).

Sumolang mengungkapkan penamaan jalan lingkar Lembeh tersebut, tak lepas dari jasa dan peran almarhum Hanny Sondakh dalam pembangunan jalan tersebut.  Jalan itu memiliki dampak dan manfaat besar bagi masyarakat di Pulau Lembeh.

"Pak Hanson, berjasa besar terhadap pembangunan jalan itu, bisa dibilang sosok dibalik dibangunnya jalan itu," kata dia.

Katanya, masyarakat Pulau Lembeh makin mudah mengangkut hasil bumi berupa kelapa, pala dan lainnya dari perkebunan ke penampungan untuk dijual.

"Untuk itulah, dihadapan rapat paripurna istimewa ini. Saya minta pak Gubernur Olly Dondokambey dan pimpinan serta anggota DPRD Sulut bisa mengabulkannya sebagai penghormatan dan dedikasi atas jasa almarhum pak Hanny Sondakh," katanya.

Noldy Lamalo anggota DPRD Sulut lainnya menyatakan persetujuannya atas usulan penamaan jalan lingkar Lembeh menggunakan nama Hanny Sondakh.

"Saya sangat setuju karena bangsa yang besar bangsa yang menghargai para pahlawan seperti penghargaan untuk mantan Walikota Bitung Hanny Sondakh," jelasnya.

Politisi partai Hanura ini mengungkapkan pembangunan jalan lingkar Lembeh terwujud di era kepemimpinan Hanny Sondakh sebagai walikota Bitung.

"Bersama wakil rakyat utusan Bitung di DPRD Sulut untuk menamakan jalan lingkar Lembeh menjadi jalan Hanny Sondakh," tandasnya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, penamaan jalan lingkar Lembeh akan mempertimbangkan kewenangan pemkot Bitung dan pemprov Sulut sehingga penamaan jalan harus dirapatkan di DPRD.

"Kami akan koordinasi dengan walikota untuk pemberian nama jalan. Apa memang ada keinginan dari walikota Bitung agar pemprov mengubah namanya. Kalau ada kami akan dorong dan memberikan masukan kepada DPRD," terangnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help