TribunManado/

Produksi IMK Sulut Mengalami Penurunan

Industri manufaktur mikro dan kecil Sulawesi Utara (Sulut) Triwulan I 2017 mengalami penurunan sebesar 1,33 persen

Produksi IMK Sulut Mengalami Penurunan
NET
Ilustrasi indsutri rumah panggung

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Industri manufaktur mikro dan kecil Sulawesi Utara (Sulut) Triwulan I 2017 mengalami penurunan sebesar 1,33 persen jika dibandingkan dengan produksi pada Triwulan IV 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Moh Edi Mahmud mengatakan besaran penurunan produksi Industri manufaktur mikro dan kecil Sulut dipengaruhi oleh  turunnya secara signifikan pertumbuhan produksi pada industri tekstil sebesar -22,6 persen, industri pengolahan lainnya sebesar -17,54 persen.

"Industri kayu, barang dari kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya berjumlah -16,41," ujarnya.

Industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia sebesar-14,99 persen, industri pakaian jadi -13,44, industri furnitur -11,98 persen, dan industri minuman berjumlah -8,09 persen.

Industri manufaktur mikro dan kecil di Sulawesi Utara tersebar di hampir semua
kabupaten/kota. Industri tersebut dikembangkan oleh masyarakat pada  umumnya berbahan dasar hasil pertanian, untuk industri makanan dan industri minuman. Kedua jenis industri ini jumlahnya mencapai lebih dari 70 persen dari keseluruhan industri mikro dan kecil.

Industri lainnya yang juga cukup banyak dikembangkan adalah industri  Barang galian bukan logam, industri furnitur dan industri pakaian jadi.

Kabid Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Alwy Pontoh mengatakan berbagai peluang untuk mempromosikan IKM  Sulut selalu di manfaatkan, agar produknya semakin dikenal. "Sebab satu di antara kendala IKM untuk berkembang  selain permodalan adalah pemasaran, untuk itu kami bantu dalam memasarkannya," ujarnya.

Namun pihakmya juga menekankan agar industri mikro dan kecil terus meningkatkan produksinya. Sehingga jika ada permintaan dari luar meningkat bisa terpenuhi. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help