TribunManado/

Vape Meledak Saat Sedang Nikmat-nikmatnya, Ini Pemicunya

Pemilik toko rokok elektronik Vappening, Egy Pranata Asprian, mengatakan ada dua penyebab vape bisa meledak.

Vape Meledak Saat Sedang Nikmat-nikmatnya, Ini Pemicunya
NET
Ilustrasi rokok elektrik. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TANGERANG - Bagi sebagian orang, rokok elektrik atau biasa disebut vape sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mereka beralih dari perokok konvensional menjadi vapper. Namun, vape bukan tanpa resiko.

Ada beberapa dari penikmat vape mengalami peristiwa tak mengenakkan karena rokok elektrik mereka meledak. Lantas, apa penyebab vape bisa meledak?

Pemilik toko rokok elektronik Vappening, Egy Pranata Asprian, mengatakan ada dua penyebab vape bisa meledak.

Pertama adalah masalah dari baterai. Komponen ini merupakan paling penting dari vape, karena semua tenaga arus listrik berasal dari baterai.

“Baterai ini harus dijaga dan diganti secara berkala,” kata Egy kepada Kompas Lifestyle di Vappening, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (12/5/2017).

Bila baterai dari vape sudah robek atau terlihat penyok, maka harus segera diganti. Tentu, Anda tak mau mempertaruhkan nyawa dengan harga baterai yang hanya berkisar Rp 100.000, bukan.

Kemungkinan kedua adalah karena lilitan kawat atau biasa disebut coiling di dalam vape. Lilitan ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap daya suatu vape. Bila Anda melilit kawat terlalu rendah dengan besaran Ohm di bawah 0,1, maka akan berakibat baterai bekerja lebih besar dan menghasilkan tenaga berlebih.

“Meledaknya tidak seperti bom, hanya terbakar, karena tenaga baterai keluar semua,” kata Egy. (Kahfi Dirga Cahya)

Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help